Latest News

TNI Miliki Simulator Perang, Isu?

Simulator perang darat tentara Australia
Tentara Australia latihan perang darat menggunakan salah satu jenis simulator perang (Foto:www.itnews.com.au)

Berbicara mengenai simulator, pandangan kita untuk saat ini biasanya tertuju pada simulator SIM yang dimiliki oleh Polri. Namun kali ini bukan, ini tentang simulator perang (tempur) milik TNI.

Desas-desus menyebutkan TNI telah memiliki simulator perang. Hal ini dibenarkan oleh Komisi I DPR (membidangi pertahanan), Agus Gumiwang. Menurut Agus, simulator perang itu sudah ada sejak lama. "Simulator perang itu ada," ujarnya di Gedung Parlemen Jakarta, Jumat, 30 November.

Namun, ketika ditanya soal waktu pengadaan simulator perang TNI itu, Agus mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui secara pasti terkait pengadaan alat latihan perang TNI tersebut. "Tapi saya tidak tahu kapan pengadaannya. Kemungkinan saya sedang keluar dan tidak ikut rapat," kilah politisi Partai Golkar ini.

Tidak dijelaskan simulator untuk perang apa yang dimaksud. Namun yang kita tahu, tujuan dibuatnya simulator perang adalah untuk memenangkan perang sesungguhnya. Selain mengasah kemampuan tempur, dengan simulator perang, kita dapat mengetahui pondasi dari tiap-tiap jenis pertempuran dan untuk menemukan skenario perang apa yang akan digunakan, seperti operasi-operasi di medan perkotaan. Seperti Australia yang terlebih dahulu melatih tentara mereka menggunakan simulator perang sebelum dikirim ke Afghanistan.

Sumber: Republika


0 Response to "TNI Miliki Simulator Perang, Isu?"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.