Latest News

Oman Beli Sistem Senjata F-16 dari AS

F-16C Oman

Defense Security Cooperation Agency (DSCA) menotifikasi Kongres AS pada 11 Desember 2012, tentang kemungkinan penjualan sejumlah sistem senjata F-16 A/C ke Oman, serta peralatan terkait, suku cadang, pelatihan dan dukungan logistik dengan perkiraan biaya US$117 juta.

Kesultanan Oman memang telah meminta kemungkinan penjualan 27 rudal jarak menengah udara-ke-udara AIM-120C-7 (AMRAAM), 162 Laser Guided Bomb GBU-12 PAVEWAY II 500-lb, 162 fuzes bomb FMU-152, 150 BLU-111B/B 500-lb Conical Fin General Purpose Bombs (Freefall Tail), 60 BLU-111B/B 500-lb Retarded Fin General Purpose Bombs (Ballute Tail), dan 32 CBU-105 Wind Corrected Munitions Dispensers (WCMD).

Juga termasuk di dalamnya adalah proyektil 20mm, Aerial Gunnery Target Sistem (AGTS-36), amunisi pelatihan, flare, chaff, kontainer, cartridge impuls, komponen dan perlengkapan yang mendukung persenjataan, perbaikan dan re-fit, suku cadang dan perbaikan, publikasi dan dokumentasi teknis, pelatihan personil dan dukungan pelatihan peralatan, layanan dukungan perwakilan teknis dan logistik kontraktor dan pemerintah AS, survey lokasi, dan elemen terkait lainnya dari dukungan logistik. Perkiraan biaya sekitar US$ 117 juta.

Penjualan yang diusulkan ini akan memberikan kontribusi pada kebijakan luar negeri dan keamanan nasional AS dengan membantu meningkatkan keamanan negara yang sudah dan akan menjadi sahabat, dan merupakan kekuatan penting bagi stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di Timur Tengah.

Usulan pembelian sistem senjata F-16 ini akan meningkatkan kemampuan Oman dalam mengatasi ancaman regional di saat ini dan masa depan, dan akan meningkatan kemampuan secara signifikan bagi Angkatan Udara Oman (RAFO) untuk mendukung pertahanan udaranya serta koalisinya. Potensi penjualan ini juga untuk mendukung keberlangsungan dua belas F-16 RAFO dan rencana akuisisinya untuk tambahan dua belas F-16. Seandainya deal, Oman seharusnya tidak memiliki kesulitan mengaplikasikan persenjataan tambahan ini ke Angkatan Udaranya, dalam hal ini F-16.

Rencana penjualan peralatan dan dukungan untuk F-16 kepada Oman ini tidak akan mengubah keseimbangan militer dasar di kawasan itu.

Kontraktor utama dari penjualan ini adalah Raytheon di Waltham, Massachusetts, Sistem Pertahanan Textron di Wilmington, Massachusetts, General Dynamics di Falls Church, Virginia, dan Pabrik Amunisi Tentara McAlester di McAlester, Oklahoma. Tidak ada perjanjian terkait yang diusulkan sehubungan dengan potensi penjualan ini.

Pelaksanaan penjualan yang diusulkan akan melalui beberapa proses. Antara lain kunjungan pemerintah AS dan kontraktor ke Oman. Tidak akan ada dampak negatif bagi kesiapan pertahanan AS sebagai akibat dari penjualan yang diusulkan. Notifikasi potensi penjualan ini masih memerlukan proses hukum dan tidak berarti penjualan telah diputuskan.

Foto: AviationNews.eu


0 Response to "Oman Beli Sistem Senjata F-16 dari AS"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.