Latest News

Korut Bangun Fasilitas Pengayaan Uranium Baru

Fasilitas nuklir Yongbyon Korea Utara
Foto satelit fasilitas nuklir Yongbyon Korea Utara
Pakar Korea Selatan dan AS menganalisis pencitraan satelit baru dan menyimpulkan bahwa Korea Utara telah membangun pabrik pengayaan uranium baru, selain fasilitas yang sudah ada di Yongbyon. Kantor berita Kyodo melaporkan dengan mengacu kepada perwakilan dari Kementerian Pertahanan di Seoul bahwa Pyongyang setidaknya telah memiliki 40 kilogram senjata kelas plutonium, yang diperoleh dari PLTN tersebut.

Pada akhir November 2010, pemimpin DPRK (Democratic People's Republic of Korea) secara resmi mengumumkan niatnya untuk memperluas program nuklirnya. Dalam hal ini, ada ribuan sentrifugal untuk operasi pengayaan uranium di pabrik Yongbyon. Dalam waktu itu, inspektur Badan Atom Internasional (IAEA) memantau kegiatan pabrik itu. Namun tak lama setelah itu, Korea Utara memutuskan untuk menghentikan kerjasama dengan IAEA dan para pengamat diusir dari negara itu.

Korea Utara mendeklarasikan dirinya memiliki kekuatan dengan potensi nuklir tujuh tahun lalu. Pada tahun 2006 dan 2009, Pyongyang melakukan uji coba nuklir, yang menyebabkan kemurkaan Dewan Keamanan PBB. PBB menuntut Korea Utara menghentikan uji coba nuklir dan peluncuran rudal balistik dan melanjutkan dialog untuk mengurangi ancaman nuklir di wilayah yang bermasalah tersebut.


1 Response to "Korut Bangun Fasilitas Pengayaan Uranium Baru"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.