Latest News

India: Howitzer Lokal Atasi Kebutuhan Angkatan Darat


Sebuah perusahaan multinasional India "Tata Group" untuk pertama kalinya menampilkan meriam Howitzer 155 buatannya di New Delhi, pada Senin, 3 Desember 2012. Meriam ini dikembangkan oleh Divisi Pertahanan Tata Power Strategic Electronics Division (SED) dan diluncurkan pada tahun ini.

Meriam Howitzer 155/52 mm ini dipasang pada truk delapan roda guna meningkatkan mobilitas. Howitzer ini mampu menembak sebanyak 6 putaran pada target 40 km dalam waktu kurang dari tiga menit. Truk dengan Howitzer juga ditampilkan pada seminar Angkatan Bersenjata India di pusat Maneckshaw, 4 Desember 2012. Peluncuran Howitzer ini sebagai solusi bagi Angkatan Darat India dan Departemen Pertahanan yang telah berjuang dan gagal untuk mengimpor Howitzer selama 25 tahun terakhir.

Terakhir kali India mengakuisisi Howitzer adalah lebih dari 25 tahun yang lalu, yaitu 410 FH-77B dari AB Bofors Swedia pada tahun 1987. Hingga kini, persediaan Howitzer tentara India hampir habis.

Tata Power SED, mulai membangun Howitzer ini pada dua tahun lalu. Prototipe dari Howtzer ini diluncurkan dari fasilitas Tata SED Power pada Oktober lalu di kota elektronik Bangalore. Ini akan menjadi ujung tombak untuk kebutuhan 814 sistem artileri Angkatan Darat India.

Kemampuan Howitzer Bofors cukup spektakuler ketika digunakan dalam konflik Kargil tahun 1999. Angkatan Darat India sejatinya ingin membeli lebih dari 2.200 Howitzer tersebut dalam lima kategori berbeda namun batal karena skandal suap lain yang melibatkan perusahaan seperti Rheinmettal, Singapore Technologies Kinetics, Soltam dan Denel.


1 Response to "India: Howitzer Lokal Atasi Kebutuhan Angkatan Darat"

  1. india semakin berkembang,,, ayo Indonesia jangan sampai kalah,,,

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.