Latest News

India Bangun Prototipe Tejas MK.2

Tejas MK.1

India melalui perusahaan kedirgantaraannya Hindustan Aeronautics Limited (HAL) telah memulai tahapan untuk pembangunan prototipe pertama dari pesawat tempur Tejas MK.2, ukurannya sedikit lebih besar dan kemampuannya lebih baik dibanding Tejas MK.1.

HAL akan menggunakan mesin turbofan F414-GE-INS6 pada Tejas MK.2. Program Tejas MK.2 setidaknya telah dianggarkan sebesar US$542 juta, yang terdiri dari pengembangan rekayasa skala penuh. Angkatan udara India (IAF) berencana untuk memiliki 83 pesawat Tejas jenis ini.

Tejas adalah pesawat tempur ringan (LCA-Light Combat Aircraft) generasi keempat buatan HAL dan merupakan pesawat tempur pertama buatan India. Pesawat ini secara resmi diberi nama Tejas yang diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya cahaya. Harga per unitnya sekitar US$31 juta.

Tejas mulai dikonsep pada tahun 1975 akan tetapi proyek gagal karena ketiadaan untuk mendapatkan mesin yang diinginkan Angkatan Udara India (IAF) dari negara luar. Proyek Tejas kemudian dilanjutkan lagi di tahun 1983. Tejas awalnya diproyeksikan untuk menggantikan pesawat tempur MIG-21 yang sudah digunakan sejak tahun 1970 dan sudah habis masa pakainya sejak tahun 1995.

Karena berbagai penundaan, ditambah lagi embargo komponen-komponen karena tes senjata nuklir India pada tahun 1998, akhirnya Tejas baru terbang pada 4 Januari 2001 dengan komponen yang dibuat sendiri.

Layaknya Dassault Rafale Perancis, Tejas juga menggunakan desain sayap Delta. Sebagai pilihan awal, HAL menggunakan mesin jet General Electric F404-GE-IN20 buatan Amerika sebagai powerplant sementara hingga mesin jet turbofan buatan mereka sendiri yaitu KAVERI GTRE GTX-35VS. Karen ambisiusnya India untuk mendapatkan jet tempur buatan sendiri, sekitar 35 komponen avionik mereka buat sendiri dan hanya melibatkan 3 kontraktor asing untuk beberapa komponen.

Kredit foto: Parijat Gaur


0 Response to "India Bangun Prototipe Tejas MK.2"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.