Latest News

Badan Antariksa Brasil Siap Bekerjasama Dengan LAPAN

Satelit

Lembaga penerbangan dan antariksa Brasil (Brazilian Space Agency) siap bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dikatakan oleh Ketua Komisi VII DPR RI, Sutan Bhatoegana. Ini merupakan salah satu hasil kunjungan kerja Komisi VII DPR ke Brasil beberapa waktu lalu dalam rangka merampungkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Keantariksaan.

Brasil dipilih karena negara itu merupakan negara tropis yang dianggap cukup berhasil dalam bidang keantariksaan. Dikatakan Sutan, Brasil akan menyambut baik bagi sarjana Indonesia yang ingin mempelajari teknologi keantariksaannya.

Dua belas orang anggota komisi VII yang berkunjung ke Brasil, selain melakukan pertemuan dengan lembaga antariksa Brasil, juga melakukan pertemuan Parlemen Brasil, serta Brazil National Institute for Special Research. 

Menurut Sutan, daerah yang paling baik untuk meluncurkan roket adalah di wilayah tropis, untuk di Indonesia, Palangka Raya adalah tempat yang paling cocok untuk meluncurkan roket. Dalam pengaturan RUU Keantariksaan, satelit akan menjadi poin penting, karena satelit dianggap penting untuk melindungi keamanan negara. Selain itu, satelit juga digunakan untuk memantau dan mengawasi illegal logging pohon-pohon di hutan tropis Indonesia sebagaimana yang sudah dilakukan di Brasil. Bila teknologi ini tidak kita kuasai, maka kita akan ketinggalan, ujar Sutan.

RUU Keantariksaan merupakan inisiatif pemerintah RI dan Lapan merekomendasikan kepada parlemen beberapa negara yang maju dalam bidang keantariksaan, seperti Rusia, Amerika Serikat (AS), Prancis, India, dan Brasil.

Menurut Sutan, hasil kunjungan ke Brasil ini akan menjadi masukan untuk RUU Keantariksaan yang saat ini tengah dirampungkan oleh komisi yang mengurusi bidang energi, lingkungan hidup, dan riset teknologi tersebut. Selain ke Brasil, rombongan Komisi VII beberapa waktu lalu juga bertolak ke AS, dalam rangka perampungan RUU Kedirgantaraan.

Sumber : Beritasatu
Foto : engadget.com


1 Response to "Badan Antariksa Brasil Siap Bekerjasama Dengan LAPAN"

  1. Bagus NKRI masih dipercaya bangsa lain utk bekerjasama, brasil agar menularkan ilmu pengetahuan ttg wahana dan Indonesia agar dpt memantau gunung berapai/pergerakan lempengan serta cuaca.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.