Latest News

TNI AL Pesan 6 Kapal Pencegat Vitesse Mark II

Kapal Pencegat Vitessel Mark II
Vitessel Mark II (Foto Navy Recognition)
Vitesse Mark II adalah kapal pencegat delta conic berkecepatan tinggi buatan Indonesia. Kapal ini merupakan hasil kerjasama antara PT. Rizki Abadi dan PT. Royal Advanced Fiber (RAF boats). Vitesse Mark II dikembangkan setelah adanya permintaan khusus dari Pasukan Khusus TNI AL untuk misi pencegatan dan anti teror.

Vitesse Mark II mampu mempertahankan kecepatan 35 knot saat gelombang (laut) mencapai 2 meter, ini sesuai dengan yang dibutuhkan TNI AL. Setelah melakukan beberapa tes, Departemen Litbang TNI AL akhirnya mensertifikasi kapal ini. TNI AL memesan kapal pencegat Vitesse Mark II ini sebanyak enam unit dan pengiriman pertama diharapkan terlaksana pada 2013.

Kapal pencegat yang diawaki oleh 8 personil ini bermesin/propulsi 2x700pk/Surface drives dengan kecepatan masimum 60 knot, dan kecepatan jelajahnya 50 knot. Selain itu, kapal ini mampu berhenti secara penuh pada jarak (ulur) 50 meter. Untuk jarak operasi, kapal ini sanggup beroperasi sejauh 400 hingga 500 mil laut - Yang lupa berapa konversi knot, baca artikel Satuan Ukuran Standar.

Dari segi keunggulan manuver, kapal dengan panjang keseluruhan 16 meter ini memiliki kemampuan manuver yang baik bahkan disaat kondisi laut sedang buruk, disamping pemeliharaannya yang mudah, ramah lingkungan dan bisa dioperasikan di perairan dangkal.

Kapal Pencegat Vitessel Mark II
Vitesse Mark II (Foto:RAF boats)
Dibawah ini videonya, play saja bila ingin melihat manuver dan kecepatan dari Vitesse Mark II, lamanya 5 menit lebih.



5 Responses to "TNI AL Pesan 6 Kapal Pencegat Vitesse Mark II"

  1. Melihat semburan air yang tinggi di buritan menunjukkan desain hull dan posisi propeller yang belum sempurna.
    Lost power 10-15%.. :(

    ReplyDelete
  2. sudah lumayan.. kalau bentuknya sedikit di modif spt Swedish Combat Boat CB 90 H pasti keren tuh, pasukan bisa bergerak lewat buritan maupun haluan dengan cepat.
    teruskan semangat berkarya..

    ReplyDelete
  3. bagus..boat stabil, manuver kiri kanan sangat baik, cukup cepat, karena propulsinya Surface Drive maka efek surface piercing propeller itu semburan air di buritan ( rooster style)...

    ReplyDelete
  4. sayang kapal ini lumpuh sebelum bertugas, terbakar habis (menyedihkan) padahal ada teknik yang sederhana tapi efektif untuk mengatasi masalah kebakaran dikapal.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.