Latest News

TNI AL dan AL Singapura Gelar Latma Sea Eagle 22/12

TNI Angkatan Laut  dan Angkatan Laut Singapura menggelar latihan bersama (Latma) dengan sandi Sea Eagle 22/12 yang akan berlangsung mulai tanggal 4 s/d 14 November 2012 dengan melibatkan dua Kapal Perang RI (KRI) dan satu Kapal Perang Republik Of Singapura Navy (RSN) dengan menggelar kegiatan di Indonesia dan Singapura.

Kegiatan latihan bersama rutin ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh TNI AL dan RSN yang sudah berlangsung sejak tahun 1974 silam diselenggarakan di Indonesia dan Singapura.
 
TNI AL dan AL Singapura Gelar Latma Sea Eagle 22/12
KRI Frans Kaisiepo-368 (Foto:TNI AL)
 
Dalam latihan bersama yang ke-22 kalinya ini, rencananya TNI AL akan menurunkan dua kapal perang yaitu KRI Frans Kaisiepo-368 (jenis Sigma) dari Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) dan jenis kapal cepat Fast Patrol Boat (FPB) 57 KRI Lemadang-632 dari Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).

Sedangkan RSN (AL Singapura) menurunkan kapal perang RSS (Republic of Singapore Ship - sama pengertian dengan KRI) jenis Fregat RSS Stalwart-72. Latihan bersama ini diawali dengan kegiatan kedatangan RSS Stralwart-72 sandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dalam rangka kegiatan latihan bersama dan kunjungan kehormatan ke Koarmabar.
 
TNI AL dan AL Singapura Gelar Latma Sea Eagle 22/12
Fregat Singapura RSS Stalwart-72 (Foto:seapixonline)

Kegiatan Latma Sea Eagle 22/12 terbagi dalam 3 (tiga) tahap meliputi :
  1. Latihan di Pangkalan (Harbour Phase) selama 2 hari dengan melibatkan 2 KRI dan 1 kapal perang RSN.
  2. Manuver lapangan (Sea Phase) mulai dari perairan laut Jawa dengan menggelar beberapa serial latihan dan lintas laut melalui perairan Selat Karimata dan perairan laut Natuna dengan melibatkan dua kapal perang TNI AL dan satu kapal RSN yang direncanakan berlangsung selama empat hari.
  3. Kegiatan latihan bersama kedua angkatan laut dipusatkan di Cangi Naval Base (CNB) di Singapura dengan beberapa kegiatan yang akan dihadiri delegasi TNI AL.
Selama kegiatan latihan bersama tersebut dua KRI merapat di dermaga Cangi Naval Base (CNB) di Singapura dan akan melaksanakan kegiatan bersama yang akan dihadiri oleh personel dua angkatan laut diantaranya kaji ulang bersama pelaksanaan latihan dan olah raga bersama serta, kunjungan ke kapal Singapura, resepsi (Coctail Party) di KRI Frans Kaisiepo-368 dan dilanjutkan dengan Upacara penutupan Latma Sea Eagle 22/12 di Cangi Naval Base (CNB).

Dalam latihan bersama Sea Eagle 22/12 kali ini TNI AL akan melibatkan 2 (dua) KRI dengan Komandan Satuan Gugus Tugas Letkol Laut (P) I.G.P Aswan Candra yang sehari-hari menjabat Wakil Komandan Komando Latihan Komando Armada RI kawasan Barat (Wadan Kolat Koarmabar).


0 Response to "TNI AL dan AL Singapura Gelar Latma Sea Eagle 22/12"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.