Latest News

Rantis 4x4 Komodo PT Pindad Diresmikan Presiden

Presiden resmikan rantis 4x4 Komodo PT Pindad
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Menteri Perindustrian MS Hidayat menandatangani dokumen penamaan kendaraan taktis 4x4 produksi PT Pindad (Persero) "Komodo" pada pameran Indo Defence 2012 di JIExpo, Kemayoran, Sabtu, 10 November.
(FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/ss/ama/12)

Berbagai produk alat pertahanan dipamerkan pada Indo Defence 2012 Expo dan Forum. Salah satu yang menarik perhatian adalah kendaraan taktis 4x4 buatan PT Pindad. Awalnya kendaraan taktis (rantis) ini secara resmi belum mempunyai nama, hanya saja sebelumnya disebut-sebut bahwa nama rantis ini adalah Komodo.

Pada Sabtu, 10 November 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi memberi nama "KOMODO" pada rantis PT Pindad ini. Pemberian nama itu dilakukan SBY disela-sela meninjau pameran Indo Defence Expo di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Ikut hadir dalam peresmian Menhan Purnomo Yusgiantoro, Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan beberapa pejabat lainnya.

"Komodo binatang perkasa. Semoga kendaraan taktis ini bisa bertempur membuat daya bagi Indonesia," kata SBY ketika acara penandatanganan peresmian Rantis Komodo di halaman luar JIExpo.

Rantis 4x4 Komodo PT Pindad
Sejumlah pengunjung melihat lebih dekat rantis 4x4 Komodo PT Pindad
(FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/ss/ama/12)

Dalam acara itu, Presiden mendapat penjelasan spesifikasi dan keunggulan Komodo. Selain Komodo, Presiden juga melihat langsung kendaraan tempur lain diantaranya tank Leopard Revolution buatan Jerman yang baru saja dibeli pemerintah Indonesia. Mesin tank yang berbobot 60 ton itu sempat dihidupkan dihadapan Presiden.

Komodo adalah kendaraan taktis 4x4 buatan PT Pindad (Persero). Komodo menggunakan mesin diesel turbo intercooler dengan power kendaraan 215 ps @ 2500 rpm dan rasio tenaga 25 hp (tenaga kuda) per ton dengan transmisi manual, enam transmisi maju dan satu transmisi. Komodo memiliki deferensi lock sehingga memiliki kemampuan offroad yang baik serta body berbahan monocoque dan memiliki ketahanan terhadap tembakan senjata 7,62 mm.

Rantis 4x4 Komodo PT Pindad
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melihat bagian dalam dari rantis 4x4 KOmodo produksi PT Pindad
(FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/ss/ama/12)

Setelah itu, Presiden meninjau berbagai stand di dalam Gedung JIExpo. Presiden menerima penjelasan berbagai peralatan tempur terbaru, antara kendaraan, persenjataan, radar, dan lainnya buatan berbagai negara.

KOMPAS


0 Response to "Rantis 4x4 Komodo PT Pindad Diresmikan Presiden "

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.