Pindad Resmi Produksi Rantis Komodo

Rantis 4x4 Komodo

Kendaraan Taktis (Rantis) 4x4 dengan kemampuan manuver yang baik kembali di hasilkan PT Pindad sebagai industri pertahanan strategis kebanggaan dalam negeri. Kendaraan Taktis 4x4 ini mendapat kehormatan untuk diberikan nama oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yaitu “Komodo” pada hari terakhir penyelenggaraan Indo Defence 2012, Sabtu, Jakarta.

Presiden SBY sebelumnya mengintruksikan PT. Pindad untuk membuat kendaraan yang high level (kemampuan tinggi) seperti Intai Sherpa, yang dapat digunakan untuk kendaraan operasional TNI dan Polri. Mengacu pada instruksi tersebut, PT.Pindad kemudian melakukan desain, perencanaan, rekayasa dan pembuatan produk dengan konsep produk.

Adapun konsep produk kendaraan tersebut adalah :
  • Menggunakan mesin diesel turbo intercooler dengan power kendaraan 215 ps @ 2500 rpm, sehingga tercapai rasio berat terhadap kendaraan 25 hp/ton.
  • Menggunakan transmisi manual 6 maju 1 mundur dan memiliki diferensi lock sehingga memiliki kemampuan offroad yang baik
  • Body kendaraan menggunakan body monocoque dan memiliki ketahanan terhadap tembakan 7,62 mm.
Akhirnya lahirlah Rantis 4x4 komodo. PT. Pindad juga telah melakukan serangkaian uji internal meliputi uji statis, uji tipe dan uji dinamis dari Bandung menuju Baturaja saat latihan gabungan. Selanjutnya dalam proses sertifikasi oleh Dislitbang Angkatan Darat spesifikasi ini dimasukkan ke dalam klasifikasi ranpur multirole (multiguna) dengan varian V1 adalah Varian Intai, V2 Varian APC, V3 Varian Komando, V4 Varian angkut rudal dan V5 untuk varian khusus.

Rantis 4x4 Komodo

Pada tahun 2012 beberapa instansi TNI dan Polri telah memesan jenis kendaraan taktis 4x4 tersebut, salah satunya Kopassus TNI AD memesan 2 unit kendaraan jenis varian khusus pendobrak serta Brimob Polri memesan 3 unit jenis APC.

Selain itu pada tahun ini, PT. Pindad juga mengembangkan varian angkut rudal Mistral, hasil kerja sama dengan MBDA sebanyak 56 unit. Selanjutnya dipesan lagi sebanyak 8 unit hasil kerja sama dengan Nexter berupa varian Komando dan komunikasi.


3 comments:

  1. mantap deh semogga indonesia makin maju aja ,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  2. Dari bentuknya yang gagah, ada baiknya Komodo diproduksi dan dijual bebas versi sipil, untuk mengakomodasi para pencinta kendaraan jeep dan off road yang banyak di Indonesia. Sekaligus sebagai ajang uji lapangan serta menggugah kecintaan produk dalam negeri.
    Bravo Pindad...

    ReplyDelete
  3. Mantap dan bangga untuk komodo. tapi apakah bisa sipil memiliki rantis komodo juga. semoga saja PINDAD bsa menjual rantis komodo untuk sipil.

    ReplyDelete

HOME
▲ Back To Top
NEWSLETTER

Masukkan email pada form di bawah ini lalu klik 'SUBMIT'. Setiap artikel terbaru akan kami kirimkan ke email Anda.


Sebagian besar kematian tempur di Perang Napoleon, Perang Dunia I dan Perang Dunia II disebabkan oleh artileri. Stalin menyebut artileri sebagai "God of War". Namun, ini hanya blog yang bernama ARTILERI.


  • facebook
  • twitter
  • google plus
  • rss