Perbandingan Persenjataan Jerman dan Rusia Sebelum Perang Dunia II

Kali ini sebuah infographic mengenai senjata terbanyak yang ada di Jerman dan Uni Soviet sesaat sebelum terjadinya Perang Dunia II. Pada tanggal 22 Juni 1941, Jerman dibawah pimpinan Hitler "Fuhrer" melancarkan serangan ke Uni Soviet tanpa mendeklarasikan perang. 
(Klik gambar untuk tampilan yang lebih baik)

Perbandingan Persenjataan Jerman dan Rusia Sebelum Perang Dunia II

Untuk jumah senapan, kala itu Rusia memiliki lebih banyak daripada Jerman, yaitu 37 juta pucuk dan Jerman memiliki 15 juta pucuk senapan, namun kaliber senapan Jerman sedikit lebih unggul 0,3 mm.

Untuk persenjataan artileri, yang terbanyak pada Uni Soviet adalah artileri Howitzer M30 kaliber 122 mm dengan jumlah 19.266 unit. Sedangkan Jerman memakai Howitzer leFH18 kaliber 105 mm dengan jumlah 7.076 unit. Namun jumlah firing rate Howotzer leFH18 yang digunakan Jerman lebih unggul dari artileri Howitzer M30 Rusia, yaitu 6-8 putaran permenit sedangkan M-30 hanya 5-6 tembakan per menit. Sedikit keunggulan dari M30 Rusia dibanding leFh18 Jerman adalah dalam hal jarak tembak yaitu 11,8 km berbanding 10,7 km.

Untuk kendaraan tempur, Rusia terbanyak menggunakan tank T-26 sedangkan Jerman menggunakan tank Panzer III. Total kala itu Rusia sudah memproduksi 12 ribu tank T-26 dengan 12 modifikasi, sedangkan Jerman kala itu hanya memiliki 5.865 unit tank Panzer III dengan 13 modifikasi. Sepertinya Jerman memang selalu menginginkan kaliber yang besar untuk alutsistanya. Terlihat pada gambar, meriam tank Panzer III berkaliber 50 mm sedangkan tank T-26 Rusia berkaliber sedikit lebih kecil yaitu 45 mm. Begitupun yang terjadi pada senapan mesin yang melekat pada tank, kaliber dari senapan mesin tank Panzer III juga sedikit lebih unggul dari senapan mesin pada Tank T-26 Rusia.

Untuk pesawat tempur, Rusia tetap memiliki lebih banyak ketimbang Jerman. Yang terbanyak pada Uni Soviet kala itu adalah I-16 "Ishachok" dengan jumlah 10.292 unit, sedangkan Jerman terbanyak menggunakan Messerschmitt-109E dengan jumlah 1.540 unit. Untuk urusan persenjataan yang melekat pada kedua pesawat ini hampir sama. Namun pesawat tempur Messerschitt Jerman ini lebih mudah diterbangkan, bahkan untuk pilot dengan kemampuan apapun. Dan pesawat ini termasuk salah satu pesawat tempur terbaik kala itu ketimbang pesawat-pesawat pada zaman itu. Mungkin Messerschit Jerman ini masuk kategori pesawat tempur generasi 1,5 atau bahkan 2.

0 comments:

Post a Comment

HOME
▲ Back To Top
NEWSLETTER

Masukkan email pada form di bawah ini lalu klik 'SUBMIT'. Setiap artikel terbaru akan kami kirimkan ke email Anda.


Sebagian besar kematian tempur di Perang Napoleon, Perang Dunia I dan Perang Dunia II disebabkan oleh artileri. Stalin menyebut artileri sebagai "God of War". Namun, ini hanya blog yang bernama ARTILERI.


  • facebook
  • twitter
  • google plus
  • rss