Search
» » David Sling, Perisai Rudal Baru Israel

Rudal Stunner, bagian dari perisai rudal David Sling
Rudal Stunner, bagian dari perisai rudal David Sling (Foto: Rafael Advanced Defense Systems)
 
Sebuah sistem pertahanan anti-rudal (perisai rudal) baru Israel "David Sling" telah berhasil menghancurkan sebuah target rudal dalam sebuah uji coba di sebuah gurun rahasia pada 20 November 2012,  disaat pertempuran sengit antara Israel dan Palestina di Jalur Gaza. Perisai rudal David Sling ini diklaim lebih kuat daripada Iron Dome yang digunakan dalam konflik Gaza, menurut pejabat pertahanan Israel, pada hari Minggu 25 November.
 
Pejabat Pertahanan Israel mengatakan bahwa David Sling ((Ketapel David atau Ketapel Daud)) akan menjadi jawaban Israel atas rudal-rudal gerilayawan Hizbullah, Lebanon dan Suriah yang jarak tempuhnya semakin jauh.

Israel mengembangkan perisai rudal David Sling  ini dengan bantuan dari Amerika Serikat. Ini karena kekhawatiran Israel atas ancaman dari Gaza, Lebanon, Suriah dan konflik internasional mereka dengan Iran atas program nuklir mereka. Sebuah sumber di industri pertahanan Israel mengatakan David Sling sejatinya akan diuji coba pada 2013, namun dipercepat mengingat kondisi yang semakin mengkhawatirkan.

David Sling menggunakan teknologi yang serupa dengan  Iron Dome, yang diklaim Israel memiliki tingkat keberhasilan 90 persen, mengintersep (mencegat) 421 roket yang ditembakkan pejuang Palestina dari Gaza dalam delapan hari pertempuran yang berakhir dengan gencatan senjata pada Rabu.
 
Juga dijuluki sebagai Magic Wand (Tongkat Sihir/Ajaib), David Sling dikembangkan oleh Rafael Advanced Systems Ltd, sebuah BUMN Israel yang bekerjasama dengan perusahaan pertahanan Raytheon Co AS.

"Penyelesaian program ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan sistem pertahanan anti-rudal Isarel," ujar Menteri Pertahanan Ehud Barak, dikutip dari Reuters

Untuk tingkatan sistem pertahanan anti-rudal Israel, Iron Dome adalah yang terendah, yaitu untuk mengatasi roket gerilyawan Gaza dan Hizbullah. Pada awalnya Iron Dome dimaksudkan untuk mengintersep roket di kisaran 70 km namun para pengembang kini tengah meningkatkan jangkauannya menjadi 250 km.

Yang tertinggi dalam sistem pertahanan anti-rudal Israel adalah interseptor rudal balistik Arrow, yang dirancang untuk memembak jatuh rudal jarak jauh Iran dan Suriah di ketinggian Atmosfer -cukup tinggi sehingga setiap hulu ledak konvensional yang di intersep, akan hancur dan musnah di ketinggian (aman)-.

David Sling akan ditahbiskan sebagai perisai rudal tertinggi Israel. Para pejabat Israel mengatakan, jika Iron Dome dan Arrow dinilai tidak mampu menngintersep roket yang diluncurkan oleh musuh karena kecpatan dan kekuatannya, maka David Sling yang akan ditugaskan.

Pemimpin Hizbullah, Sayyed Hassan Nasrallah, yang dipersenjatai dan didanai oleh Iran, memperingatkan Israel pada hari Minggu lalu bahwa ribuah roket akan menghujani Tel Aviv dan seluruh kota-kota Israel jika menyerang Lebanon.

Adalah Roket Fajr-5s, dengan rentang 75 km -mampu mencapai Tel Aviv dan Yerussalem- dan bobot hulu ledak 175 kg, adalah roket yang paling kuat dan jangkauan jauh yang telah ditembakkan dari Gaza.

Seperti halnya Iron Dome dan Arrow, David Sling telah menarik minat dari klien-klien asing, terutama karena sistem pertahanan anti-rudal yang baru lahir ini juga mampu mengintersep rudal jelajah. Setidaknya sudah ada dua negara bekas Uni Soviet yang berminat terhadap David Sling ini. Ini terkait kekhawatiran Balkan atas rudal-rudal jelajah Rusia.

Share !
«
Newer Post
»
Older Post

No comments: