Search
» » Brasil Transfer Teknologi MLRS ke Indonesia

MLRS ATROS II

Setelah pesawat Super Tucano dari Brasil resmi memperkuat TNI AU. Kini RI dan Brasil kembali menjalin kerja sama dalam bidang pertahanan. Kemenhan dan perusahaan Brasil, Avibras, sepakat melakukan transfer teknologi Multi Launcher Rocket System (MLRS) Astros II.

"Kita memang mensyaratkan transfer teknologi," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di sela pameran peralatan dan persenjataan militer Indo Defence Expo 2012, di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 8 November 2012.

Nota kesepahaman yang ditandatangani Kementerian Pertahanan dan Avibras tersebut meliputi rencana transfer teknologi. "Ini terkait dengan pembelian kita beserta offset (imbal dagang)," ujar Kepala Badan Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan, Mayor Jenderal TNI Ediwan Prabowo.

Duta Besar Brasil, Paulo Alberto Da Silveira Soares, menyatakan kerja sama ini merupakan salah satu bukti bahwa Brasil menganggap Indonesia sebagai mitra penting. "Kami ingin meningkatkan hubungan dua negara lebih jauh lagi," ujar dia.

Isu pertahanan, kata Paulo, menjadi salah satu prioritas yang ingin mereka tingkatkan. "Ini hanya awal dari hubungan yang lebih baik," katanya. Indonesia dan Brasil berada dalam satu grup di G-20. Untuk itu, kerja sama kedua negara harus dijalin lebih dalam.

Perjanjian ini meliputi pengadaan simulator ASTROS II MKS, Ammunition Mobile Acclimated Depot (AV-DMMC), revalidasi roket, dan dukungan teknis pembangunan fasilitas perawatan MLTRS Astros. Perjanjian itu diteken Ediwan, mewakili Kementerian, dan Sami Youssef Hassouani, President Director Avibras.

MLRS Astros II adalah salah satu alat utama sistem persenjataan TNI Angkatan Darat. Peluncur roket ini dinilai lebih unggul karena daya jangkau yang luas serta anti terhadap serangan zat kimia dan teknologi. Avibras berani menawarkan transfer teknologi dengan PT Pindad untuk kendaraan tempur taktis pengusung MLRS.

Transfer teknologi MLRS dari Brasil seperti ini menurut saya jelas sangat membantu teknologi Indonesia di bidang militer kedepannya. Khususnya untuk pengembangan lebih lanjut di teknologi MLRS, walaupun saat ini hanya transfer teknologi kendaraan pengusung MLRS. Namun saya kira ada satu transfer lagi dari Brasil yang sangat dibutuhkan Indonesia. Apa itu? Silahkan tebak.

Share !
«
Newer Post
»
Older Post

No comments: