Latest News

Versi Ekspor PAK T-50 Diluncurkan pada 2020

PAK T-50 (kiri) terbang diiringi MiG-29M2
(foto:Toshiro Aoki/www.jp-spotters.com)
India akan memulai produksi varian ekspor dari jet tempur siluman PAK FA T-50 pabrikan Sukhoi Rusia pada tahun 2020. Seperti yang dikatakan Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Serdyukov dalam kunjungannya ke Delhi pada hari Rabu.

"Karakteristik teknisnya telah dikonfirmasikan kepada kedua Kementerian Pertahanan, kami mengusulkan serial produksi dari pesawat PAK FA T-50 harus dimulai pada tahun 2020," katanya setelah menghadiri pertemuan antar komisi kedua negara.

T-50 merupakan prototipe dari jet tempur siluman multirole (multiguna) yang saat ini tengah diuji coba oleh Angkatan Udara Rusia. Jet siluman ini akan dilengkapi dengan radar canggih electronically-scanned active-array, berkemampuan supercruise, tingkat manuver tinggi, dan tentu saja tidak terdeteksi radar dan inframerah. Pabrikan Sukhoi mengklaim jet tempur ini secara signifikan memiliki kinerja yang lebih baik ketimbang F-22 Raptor AS yang dirancang Lockheed Martin yang saat ini sudah digunakan dalam layanan Angkatan Bersenjata AS.

India Tambah 42 Sukhoi Su-30MKI

Rusia juga berharap untuk segera bisa menandatangani kesepakatan dengan India pada akhir tahun ini untuk batch tambahan 42 pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI dengan standar yang telah  ditingkatkan. "Rusia telah disodorkan kontrak oleh India untuk pengiriman 42 Su-30MKI. Saya berharap ini akan ditandatangani pada akhir tahun," katanya.

Sukhoi Su-30MKI yang baru ini telah dilengkapi dengan sistem radar canggih electronically-scanned array serta modifikasi sistem electronic warfare dan kemampuan untuk menembakkan varian dari rudal darat yaitu rudal jelajah supersonik BrahMos hasil kerjasama Rusia dan India.
 
Sukhoi Su-30MKI India (Foto:www.lajes.af.mil)
Perusahaan patungan Rusia-India BrahMos Aerospace ini diharapkan untuk memasok sekitar 1.000 rudal BrahMos untuk Angkatan Bersenjata India.

India sudah memiliki sekitar 130 unit Sukhoi Su-30MKI dalam Angkatan Bersenjatanya, sebagai bagian dari program modernisasi besar-besaran militer negara itu, termasuk di dalamnya pembelian 126 jet tempur Dassault Rafale dari Perancis.


1 Response to "Versi Ekspor PAK T-50 Diluncurkan pada 2020"

  1. indonesia kapan ?? pertanyaan itu harus segera dijawab oleh pemerintah...jangan sampai kita hanya telalu fokus pada masalah dalam negeri tapi tidak memperhatikan apa yang akan masuk ke dalam negeri ini...semua terlalu banyak mempermasalahkan hal-hal yang sebenrnya harus segera diputuskan...terlalu banyak analisis, terlalau banyak tekanan, terlalau banyak pilihan dan terlaalu banyak pertimbangan....biarkanlah TNI yang berfikir dan berusaha untuk melengkapinya, pemerintah hanya mengakomodir dan mengawasi....orang di DPR terlalu lama bertindak, keburu diserang kita

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.