Latest News

Tu-154 Jet Penumpang Menengah Generasi Kedua


Tu-154

Tupolev Tu-154 atau Ty-154 (Kode NATO : Careless) adalah jet tiga mesin jarak menengah dan bertubuh sempit yang dirancang dan diproduksi oleh Tupolev, Uni Soviet, pada era 60-an. Menjadi jet pekerja keras Soviet dan (kemudian) digunakan oleh maskapai penerbangan Rusia selama beberapa dekade. Pesawat ini sudah diekspor ke 17 maskapai penerbangan non-Rusia dan juga telah digunakan oleh Angkatan-Angkatan Udara dari sejumlah negara.

Dengan kecepatan jelajah 975 kilometer per jam, Tu-154 termasuk salah satu peswat sipil tercepat dan memiliki jangkauan 5.280 kilometer. Pesawat ini bisa dioperasikan di lapangan udara tak beraspal dan berkerikil atau di bandara yang berfasilitas minim, secara luas digunakan oleh Rusia di wilayah Arktik yang ekstrem dimana disitu pesawat lain tidak bisa beroperasi.

Awalnya pesawat ini dirancang untuk terus hidup hingga 45.000 jam terbang, namun setelah proses upgrade, pesawat ini masih mampu menambah jam terbang total menjadi 80.000 jam, kemungkinan akan terus digunakan Rusia hingga 2016, meskipun adanya peraturan kebisingan telah membatasinya untuk terbang ke Eropa Barat dan daerah lainnya.

Sejak diterbangkan pada 1968, setidaknya telah terjadi 39 insiden fatal pada Tu-154, namun sebagian besar insiden tidak terkait dengan pesawat.


0 Response to "Tu-154 Jet Penumpang Menengah Generasi Kedua"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.