2014: Pindad Luncurkan Tank Tempur Medium

Tank Medium M48A2C Jerman
Tank Medium M48A2C Jerman (Foto:Erwin Lindemann)

Senjata, amunisi dan kendaraan khusus telah berhasil dibuat oleh PT.Pindad (Persero). Setelah sukses membuat kendaraan taktis jenis Panser Anoa, PT Pindad kini berencana untuk membuat tank tempur medium yang berbobot 20 ton.

"Pembuatan tank tempur menjadi salah satu target pengembangan produksi ke depan. Ini merupakan produk baru bagi Pindad," kata Kepala Sekretariat Perusahaan PT Pindad Iwan Kusdiana saat menerima kunjungan pejabat Kemenko Polhukam dan sejumlah wartawan di PT Pindad, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 16 Oktober 2012.

Meski rencana pembuatan tank tempur medium ini belum pernah dilakukan, namun pengembangannya akan dilakukan sendiri oleh PT Pindad, tanpa proses kerjasama maupun alih teknologi (ToT) dengan negara lain dan tidak meniru tank medium dari negara manapun.

"Kami tidak kerja sama dengan luar. Ini kami kembangkan sendiri.""Kami tidak meniru dari mana-mana. Kami desain menyesuaikan dengan requirement (kebutuhan) kavaleri TNI," ucap Iwan. Sejauh ini tahapan yang dilalui sudah sampai pada pembuatan desain, yang dirancang dengan melibatkan Kavaleri TNI AD. 

Selama ini proses ToT kendaraan khusus hanya menyangkut Panser Cannon 90 mm yang dibeli pemerintah sebanyak 22 unit. Dari jumlah itu, 11 diantaranya dirakit oleh PT Pindad.

Iwan optimistis pihaknya dapat menyelesaikan pengembangan tank tempur medium dengan jangka waktu yang cepat. Targetnya, pada 2014 prototype (produk jadi pra produksi) tank ini sudah jadi dan setelah itu akan mulai diproduksi.

Mengenai kebijakan pemerintah yang memborong tank Marder dari Jerman, Pindad belum mengetahui seperti apa mekanisme pengadaannya, termasuk keterlibatan Pindad untuk ToT.

Sumber: ANTARA / Vivanews

6 comments:

  1. kalau boleh tau, kira2 bayangan/bentuknya kayak gimana??.
    semoga sukses..

    ReplyDelete
  2. @fandi plc
    Bayangan tank nya masih segelap bayangan admin he..

    Tank ini tidak meniru atau bekerjasama dengan produsen tank luar. Jadi tidak ada gambaran bentuk dan canon yang akan digunakan kecuali dari Pindad sendiri. Maaf ya...

    ReplyDelete
  3. mantap....produk indonesia,di rancang oleh orang indonesia,di gunakan oleh tentara indonesia,,untuk melindungi rakyat indonesia... 100% indonesia...lanjutkan..

    awas di tiru sama paman jiran... :D

    ReplyDelete
  4. Kalo ditawarkan hibah ABRAMS M1A2 sebaik nya ambil model nya dan pasti kekuatatan juga OK', hanya harus di repowering dengan Diesel Engine dari Turbin gas untuk effisiensi bahan bakar dan kelengkapan nya seperti primemover dll. dari web tetangga,
    ABRAMS HULL DEMONSTRATOR FEATURES
    Abrams DieselizatABRAMS HULL DEMONSTRATOR FEATURES
    Abrams Dieselization
    MTU-833 CRI 1500 Hp Diesel Engine
    Allison 5250MX Hydrokenetic Transmission
    Allison Final Drives built by LOC
    Performance
    Dehil 570 P Series Track and Road Wheels

    MTU-833 CRI 1500 Hp Diesel Engine/ bisa dengan MTU-MB 837 Ka 501 diesel
    Allison 5250MX Hydrokenetic Transmission
    Allison Final Drives built by LOC
    Performance
    Dehil 570 P Series Track and Road Wheels

    ReplyDelete
  5. tank medium kok cuma 20 ton? tank tempur mediumnya rusia T-72/ T-80/ T-90 aja udah 40ton-an ke atas kok

    ReplyDelete

HOME
▲ Back To Top
NEWSLETTER

Masukkan email pada form di bawah ini lalu klik 'SUBMIT'. Setiap artikel terbaru akan kami kirimkan ke email Anda.


Sebagian besar kematian tempur di Perang Napoleon, Perang Dunia I dan Perang Dunia II disebabkan oleh artileri. Stalin menyebut artileri sebagai "God of War". Namun, ini hanya blog yang bernama ARTILERI.


  • facebook
  • twitter
  • google plus
  • rss