Latest News

Swedia Tawarkan Pesawat Gripen ke Kroasia

JAS 39 Gripen
JAS 39 Gripen Swedia

Pemerintah Swedia melalui Agensi Ekspor Pertahanan dan Keamanan (FXM) menawarkan delapan pesawat tempur Gripen kepada pemerintah Kroasia. Tawaran ini juga mencakup dukungan dan paket pelatihan untuk pilot dan teknisi berikut solusi pembiayaan.

"Kami sangat senang menyampaikan tawaran ini yang memang telah dipersiapkan untuk menjadikan kerjasama yang lebih erat dengan Kroasia. Pesawat ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melindungi wilayah udara suatu negara dan untuk berpartisipasi dalam tugas internasional. Untuk interoperabilitas, pesawat ini sudah memenuhi standar NATO. Gripen adalah satu jet tempur paling canggih di dunia yang efisien dan kuat dengan biaya operasional dan perawatan yang rendah," kata Peter Gothe, Deputi Dirjen di FXM.

"Dalam rangka untuk memastikan Angkatan Udara Kroasia tetap menjalankan tugasnya tanpa kendala ketika MiG-21s mereka dipensiunkan nantinya, Swedia menawarkan solusi yang mana pesawat Gripen C/D bisa segera dioperasikan dalam waktu satu tahun setelah kontrak ditandatangani," kata Jerry Lindbergh, Direktur Program untuk Kroasia di FXM.

Pesawat tempur Gripen telah dioperasikan oleh Republik Ceko, Hungaria, Afrika Selatan dan Thailand, selain dari Swedia sendiri. Semua negara-negara pengguna Gripen berkolaborasi pada isu-isu seperti pertukaran pengalaman operasional dan melanjutkan pembangunan di forum kerjasama Grup Pengguna Gripen  (GUG). Pada November tahun lalu, Swiss menyatakan bahwa Gripen akan menjadi bagian dari pertahanan udara masa depan negara itu.


0 Response to "Swedia Tawarkan Pesawat Gripen ke Kroasia"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.