Latest News

HUT TNI ke-67, Berbagai Alutsista TNI akan Ditampilkan

Tim akrobatik Jupiter TNI AU
Tim akrobatik Jupiter TNI AU melakukan manuver di Bandara Udara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur
saat gladi HUT TNI 67, Rabu (3/10/2012). Sejumlah atraksi militer seperti penerjunan, manuver pesawat
dan gelar pasukan akan dipertunjukkan pada HUT TNI ke 67 pada 5 Oktober mendatang.
[Foto:Tribunnews, Fotografer:Herudin]

Menjelang peringatan HUT TNI ke-67 pada 5 Oktober mendatang, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengunjungi gladi bersih pada hari ini, Rabu, 3 Oktober 2012. Gladi bersih dilaksanakan di Bandara halim Perdanakusuma (Apron base) dan berbagai persipan telah dilakukan.

Aktivitas pesawat komersial di Bandara Halim sementara diliburkan selama gladi bersih tersebut. Dalam perayaan HUT TNI ke-67 lusa, TNI akan menggelar Alutsista yang masih baru di Bandara Halim. Namun hari ini sudah dapat dilihat beberapa alutsista TNI antara lain tank amfibi BMP-3F, Meriam Caesar 155mm, LTVP-7 serta peluncur roket RM-70 Grad.

"Alutsista akan ditampilkan besok pada HUT ke 67 TNI. Tentunya alutsista yang relatif masih baru," kata agus dalam jumpa pers di Halim, Rabu, 3 Oktober.

Panglima TNI melanjutkan, tidak semua alutsista akan dipamerkan, mengingat masih ada beberapa alutsista yang belum didatangkan ke Indonesia. Seperti tank Leopard dan sejumlah pesawat yang rencananya akan didatangkan dari Perancis.


Atraksi dalam HUT TNI k3-67

Seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya, HUT TNI ke-67 juga akan menampilkan berbagai atraksi, di antaranya beladiri militer, senam balok, serta kolone senapan.

Di udara, atraksi dilakukan oleh Tim Aerobatik Pegasus dengan heli EC-120B dan The Jupiter, serta tidak ketinggalan atraksi terjun payung. Atraksi kemudian ditutup dengan fly pass helikopter TNI AD dari jenis Mi-17, Mi-35, serta Nbell-412. Lalu menyusul empat buah Nbell-412 TNI AL serta sebuah Super Tucano.

Tim Aerobatik Dynamic Pegasus yang dipimpin Letkol Pnb Sapuan juga ambil bagian dalam gladi ini. Dengan lima helikopter EC 120 Colibri andalannya, mereka unjuk kebolehan, di antaranya windmill dan waterfall. - Anda bisa melihat foto atraksi-atraksi TNI dan alutsistanya selama gladi bersih disini -

Latihan atraksi dilanjutkan oleh para personel AD yang akan menunjukkan kemampuan individu mereka dalam beladiri, penggunaan senjata, dan kemampuan halang rintang. Setelah mereka selesai unjuk kebolehan, sekitar 200 personel Paskhas TNI AU langsung terlihat melakukan latihan atraksi terjun payung dari pesawat Hercules.

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan kepala staf rencananya akan memberikan keterangan pers setelah acara geladi bersih selesai.


Cerminan Niat, Tekad dan Semangat TNI

Di hari jadi TNI ini, TNI membulatkan tekad melalui tema yang diusung yaitu "Dilandasi Profesionalisme, Semangat Juang dan Soliditas, TNI bersama segenap Komponen Bangsa Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah NKRI."

Lebih lanjut Agus menuturkan, tema tersebut merupakan cerminan niat, tekad dan semangat TNI untuk melaksanakan tiga aspek. "Aspek yang pertama menegakkan kedaulatan negara, kedua mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, dan ketiga melindungi segenap bangsa," jelasnya.



0 Response to "HUT TNI ke-67, Berbagai Alutsista TNI akan Ditampilkan"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.