Latest News

Dua Unit Tank Leopard Datang Pekan Ini

Dua Unit Tank Leopard Datang Pekan Ini
Leopard 2A4 (kredit foto: Böhringer Friedrich)
Dua unit tank tempur utama Leopard dipastikan datang pada pekan ini, 3 November 2012. Tank yang dibeli TNI AD dari Jerman itu masing-masing terdiri atas satu unit jenis Leopard 2A4 dan satu unit jenis Leopard 2 Revolution.

"Dua tank ini akan datang pada 3 November ini dan rencananya dipamerkan di Indo Defence Expo pada 7-10 November mendatang," kata Pos Hutabarat, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan, di Kantor Kementerian Pertahanan, Selasa, 30 Oktober 2012.

Menurut Pos, kedatangan tank Leopard ini akan menutup kedatangan alat utama sistem persenjataan yang sudah memasuki penghujung 2012. "Kemarin Tucano sudah datang, sepertinya setelah ini tidak ada lagi senjata yang akan datang," kata dia.

Wakil Menteri Pertahanan Shafrie Syamsudin menyatakan semua tank yang datang (termasuk Leopard) sudah bisa dipakai oleh militer Indonesia. "Semuanya baru, tinggal pakai, tidak perlu lagi upgrade, tidak perlu lagi refurbishment," kata dia.

Dua Unit Tank Leopard Datang Pekan Ini
Leopard 2A4 (kredit foto: Böhringer Friedrich)
Dua unit tank Leopard ini merupakan penyerahan tahap pertama. Dengan dana sekitar USD 287 juta, Indonesia membeli 40 unit Leopard 2A4, 63 unit Leopard 2 Revolution, dan 10 unit tank pendukung Leopard 2, 50 unit medium tank Marder 1A3. "Proses politik sudah selesai, administrasi sudah, tinggal mengecek skema produksi dan pembiayaan," ujar Sjafrie.

Sekilas Tentang Tank Leopard

Leopard 2 adalah tank tempur utama (main battle tank, MBT) Jerman yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada awal 1970-an dan mulai digunakan pada 1979. Leopard 2 menggantikan Leopard 1 sebagai tank tempur utama Angkatan Darat Jerman. Leopard 2 pertama kali digunakan Angkatan Darat Jerman pada Perang Kosovo serta pasukan Kanada dan Denmark yang tergabung dalam ISAF di medan tempur Afghanistan.

Leopard 2A4 yang memiliki turret (kubah) tembak vertikal berlapis baja dan Leopard 2A5 memiliki turret tembak menyudut seperti anak panah dengan appliqué armour serta beberapa pengembangan lainnya. Seluruh varian Leopard dilengkapi dengan sistem kontrol tembakdigital dan Laser Rangefinder, meriam utama 120 mm dengan kestabilan tinggi, senapan mesin koaksial, serta perlengkapan untuk melihat dan membidik dalam kegelapan (night vision) yang canggih (Leopard adalah kendaraan tempur pertama yang menggunakan alat pembidik low-light level TV system atau LLLTV; sementara thermal imaging baru diperkenalkan setelah itu).

Dua Unit Tank Leopard Datang Pekan Ini
Leopard 2A4 (kredit foto: Böhringer Friedrich)
Tank ini memiliki kemampuan untuk menembak dengan tepat sasaran bergerak walaupun sedang melewati medan yang sangat sulit dan tidak rata. Varian yang aktif saat ini antara lain 2A4, 2A5, 2A6, dan 2A7 (paling baru). Banyak Leopard 2 yang diupgrade untuk memperpanjang masa tugasnya dan memperkuat persenjataanya, umumnya ke varian 2A5 dan 2A6. Lebih jelasnya, baca tentang Leopard disini.



3 Responses to "Dua Unit Tank Leopard Datang Pekan Ini"

  1. Mantab Tank tempur buatan nee...

    ReplyDelete
  2. Mantab tank tempur buatan Jerman nee

    ReplyDelete
  3. Sangar juga ni tank, Hidup TNI !!! Smoga Jaya

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.