India Uji Coba Rudal Balistik Danush

Rudal Balistik Danush
Rudal Danush diluncurkan dari INS Suvarna pada 11 Maret

Maaf, ini berita tanggal 6 Oktober lalu. Tersimpan di draft dan lupa diupdate, sewaktu di publish seharusnya tetap bertanggal 7 Oktober. Namun tadi admin mengedit judulnya jadi dianggap sebagai posting baru di blogger. Gpp ya...

Sehari setelah peluncuran rudal Prithvi-II, India kembali berhasil menguji-tembak rudal balistik berkemampuan nuklir Dhanush untuk rentang yang jauh yaitu 350 km dari sebuah kapal perang Angkatan Laut India pada hari Jumat, 5 Oktober 2012.

Rudal balistik permukaan-ke-permukaan Danush, yang merupakan varian untuk angkatan laut dari rudal Prithvi-II, ditembakkan oleh personel Komando Pasukan Strategis (SFC) sekitar pukul 11.25 am waktu setempat. Rudal itu meluncur dari kapal dan meledak mengenai target yang ditentukan sebelumnya di Teluk Benggala dengan akurasi kurang dari 20 meter. Semua tujuan misi uji coba ini telah dicapai dengan sempurna, kata sumber-sumber resmi India.

Semua radar, stasiun telemetri dan sistem elektro-optik melacak dan mengevaluasi kinerja rudal Danush secara real time. Rudal balistik Danush telah melengkapi alutsista Angkatan Bersenjata India dan merupakan salah satu dari lima rudal yang dikembangkan oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO - Defence Research and Development Organisation) di bawah Program Integrated Guided Missile Development Programme (IGMDP). Untuk peluncuran rudal Danush pada Jumat kemarin, rudal diambil secara acak dari lot produksi dan seluruh proses uji coba dilakukan oleh personel dari Komando Pasukan Strategis (SFC), yang bertugas menangani sistem alutsista strategis.

Rudal Dhanush dapat membawa hulu ledak konvensional dan nuklir mulai dari 500kg-1.000 kg dan mampu memukul target darat dan laut dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Meskipun Dhanush awalnya direncanakan akan diluncurkan hanya beberapa saat setelah uji-penembakan Prithvi-II pada hari Kamis lalu seperti yang telah India lakukan pada test-test sebelumnya, misi penembakan Danush akhirnya ditunda sampai Jumat karena kondisi laut yang tidak mendukung.

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...