2 Kapal Induk AS Latihan Perang di Laut India

USS George Washington
Kapal induk USS George Washington membuat frase "Hajimemashite" yang artinya "Nice to Meet You,"
saat mereka tiba di Yokosuka, Jepang, 25 September 2008" (Foto:Wikipedia)

Sejalan dengan strategi baru AS untuk "re-balancing" pasukan ke kawasan Asia Pasifik, dua kapal induk AS mengadakan latihan perang anti kapal selam dan kapal permukaann di laut Andaman dekat kepulauan Andaman dan Nicobar.

India sangat penting bagi kepentingan AS di Asia Pasifik. Wajar sekarang dan nanti akan banyak manuver tempur yang akan dilaksanakan AS di kawasan tersebut. Sumber di Kementerian Pertahanan India mengatakan kapal induk yang sedang berlayar dan mengadakan latihan perang tersebut adalah USS George Washington dan USS John C Stennis berikut jet tempur, helikopter dan kapal perang yang menyertainya. Saat ini berada di perairan internasional dan mengarah ke Selat Malaka, salah satu jalur pelayaran yang sangat penting di dunia. "Ini hal yang tidak biasa dan menjadi perhatian," lanjut sumber tersebut.

Laut Andaman
Laut Andaman (Foto:Google Maps)

China, bagaimanapun, harus melihat aktivitas ini dengan mata yang terbuka dan mewaspadai setiap pergerakan Angkatan Laut di Asia Pasifik. USS George Washington kenyataannya baru-baru ini berpatroli di wilayah sengketa di Laut Cina Selatan, dimana di kawasan ini China terlibat sengketa wilayah dengan negara Taiwan, Filipina, Vietnam, Malaysia dan Singapura. Kegiatan kedua kapal induk AS di kawasan Laut Andaman seperti ini belum pernah dilakukan sebelumnya oleh AS.

0 comments:

Post a Comment

HOME
▲ Back To Top
NEWSLETTER

Masukkan email pada form di bawah ini lalu klik 'SUBMIT'. Setiap artikel terbaru akan kami kirimkan ke email Anda.


Sebagian besar kematian tempur di Perang Napoleon, Perang Dunia I dan Perang Dunia II disebabkan oleh artileri. Stalin menyebut artileri sebagai "God of War". Namun, ini hanya blog yang bernama ARTILERI.


  • facebook
  • twitter
  • google plus
  • rss