Latest News

Iran Lakukan Terobosan Besar dalam Teknologi Rudal

Pejabat Kementerian Pertahanan Iran mengumumkan pada 9 September lalu bahwa mereka segera akan meluncurkan sebuah rudal jelajah canggih. Rudal ini dianggap sebagai sebuah kemajuan besar dalam kemampuan rudal Iran. Daya jelajahnya beberapa kali lipat lebih jauh daripada produk rudal jelajah dari negara yang paling maju saat ini.

"Insya Allah, Rudal Jelajah Meshkat (Lantern) yang memiliki jangkauan 2.000km akan diresmikan dalam waktu dekat," kata Deputi Menteri Pertahanan Mehdi Farahi kepada FNA. "Rudal Jelajah Meshkat dapat ditembakkan dari darat, udara dan laut," tambah Farahi.

Rudal Meshkat
Rudal Meshkat

Farahi juga mengungkapkan pengembangan berbagai macam rudal jelajah yang dikembangkan Iran, antara lain rudal Zapar, Nasr, Nur, Qader dan Ghadir.

Dia menambahkan bahwa negara itu berencana untuk menambah jumlah koleksi rudal jelajahnya menjadi 14. Ra'd dan Meshkat merupakan produk terbaru dari industri rudal jelajah Iran.

Tidak seperti rudal-rudal jelajah Iran sebelumnya, rudal jelajah terbaik sebelumnya hanya memiliki jangkauan tidak lebih dari 300km. Ini berarti bahwa negara tersebut telah meningkatkan jangkauan rudal jelajahnya hingga 7 kali lipat.

Produksi senjata Iran sangat maju pesat, khususnya di bidang teknologi rudal, dalam dekade terakhir. Pada awal September lalu, Iran menampilkan rudal jelajah produksi terbarunya yaitu rudal Qader ke mata publik selama parade militer yang menandai hari Minggu Pertahanan Suci.

Pada akhir tahun lalu, Departemen Pertahanan Iran memasok sejumlah besar rudal jelajah Qader anti-kapal ke Angkatan Darat Iran dan Angkatan Laut IRGC untuk meningkatkan kekuatan Angkatan Laut negara itu.
"Sistem rudal ultra-advanced telah ditingkatkan dalam hal radar, satelit, presisi, jangkauan dan navigasi dibandingkan dengan rudal-rudal pendahulunya"
Menteri Pertahanan Iran pada waktu itu mengatakan bahwa rudal jelajah Qader anti-kapal memiliki jangkauan 200km dengan waktu peluncuran singkat dan mampu memukul semua kapal angkatan laut, termasuk kapal perang dan frigat, serta target musuh di darat.

Kemudian, pada bulan Januari 2012, Angkatan Laut Iran menembakkan sejumlah besar rudal jelajah Qader anti-kapal dalam serangkaian latihan tempur dengan sandi Velayat 90, di perairan internasional di laut Oman dan Samudera Hindia.

Penembakan yang sukses dari rudal-rudal tersebut merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa dari para ilmuwan Iran.

Setelah latihan, Wakil Komandan Angkatan Laut Iran Seyed MAhmoud Mousavi mengatakan kepada media bahwa rudal-rudal tersebut menghantam target yang ditentukan dengan presisi 100 persen dan menghancurkan mereka sepenuhnya.

Dia mengatakan bahwa sistem rudal ultra-advanced telah ditingkatkan dalam hal radar, satelit, presisi, jangkauan dan navigasi dibandingkan dengan rudal-rudal pendahulunya.

[FARS]


1 Response to "Iran Lakukan Terobosan Besar dalam Teknologi Rudal"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.