Sekilas Kekuatan Armada Kapal Selam Rusia di Tahun 2012

Angkatan Laut Rusia memiliki armada sekitar 60 kapal selam bertenaga nuklir dan diesel-listrik. Enam puluh kapal selam ini termasuk diantaranya 10 kapal selam strategis bertenaga nuklir, lebih dari 30 kapal selam serang bertenaga nuklir, kapal selam diesel-listrik dan kapal selam misi khusus.

Kapal selam Delta-III dan Delta-IV menjadi tulang punggung armada kapal selam strategis Rusia. Mereka masing-masing membawa 16 rudal balistik dengan hulu ledak ganda, dan fitur elektronik canggih dan pengurangan kebisingan.

Akula

Kapal selam Dmitry Donskoy telah dimodernisasi untuk platform uji rudal "Bulava" baru Rusia. Dua kapal selam lain, Arkhangelsk dan Severstal, tetap menjadi cadangan di sebuah pangkalan angkatan laut di Severodvinsk di utara Rusia. Mereka kemungkinan besar akan dimodernisasi untuk membawa generasi baru rudal jelajah berbasis laut untuk mengimbangi kapal selam AS kelas Ohio.

Rusia telah memulai uji coba kapal selam strategis kelas Borey bertenaga nuklir pertama, yang akan dilengkapi dengan rudal balistik Bulava berbasis laut. Kapal selam Yury Dolgoruky dibangun di pabrik Sevmash di Rusia utara.

Panjang kapal selam ini adalah 170 meter, memiliki diameter 13 meter dari lambung, kru 107, termasuk 55 perwira, kedalaman maksimum 450 meter dan kecepatan selam sekitar 29 knot . Kapal selam ini dapat membawa sampai 16 rudal balistik dan torpedo. Dua kapal selam nuklir kelas Borey lainnya, Alexander Nevsky dan Vladimir Monomakh telah selesai pada tahun 2009 dan 2011. Rusia berencana untuk membangun total delapan kapal selam kelas ini pada tahun 2015.

Nerpa

Armada kapal selam serang bertenaga nuklir Rusia terdiri dari kapal selam kelas Oscar II dan Akula. Masing-masing kapal selam dilengkapi dengan 24 SS-N-19 Shipwreck rudal jelajah jarak jauh anti-kapal. Sebuah kapal selam serang generasi keempat bertenaga nuklir dari kelas Graney dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada 2010. Kapal selam Severodvinsk menggabungkan kemampuan untuk meluncurkan berbagai rudal jelajah jarak jauh (hingga 3.100 mil) dengan hulu ledak nuklir, dan secara efektif dapat menenggelamkan kapal selam dan kapal perang permukaan musuh.

Kapal selam diesel-listrik di Angkatan Laut Rusia diwakili oleh kapal kelas Kilo. Mereka secara bertahap akan digantikan oleh Proyek 667 kapal selam kelas Lada. Sub fitur lapisan anti-sonar baru untuk lambung, daya jelajah diperjauh, dan persenjataan anti-kapal dan anti-kapal selam canggih, termasuk sistem rudal jelajah Klub-S. Kapal selam pertama dari kelas Lada, bernama St. Petersburg, saat ini sedang menjalani uji coba laut.

Dmitry Donskoy

Kapal selam kelas Lada yang kedua, Kronshtadt, merupakan yang pertama dalam seri produksi, juga sedang dibangun di galangan kapal St. Petersburg Admiralty dan telah beroperasi di tahun 2009. Kapal selam yang ketiga, diberi nama Sevastopol diluncurkan pada tahun 2010. Sumber itu juga mengatakan bahwa Angkatan Laut Rusia juga memiliki kapal selam "misi khusus", beberapa dirancang untuk pengujian teknologi baru dan persenjataan. Beberapa sumber terbuka lainnya sebelumnya menginformasikan adanya kapal selam diesel-listrik Proyek 20120 B-90 Sarov, yang memiliki reaktor nuklir sebagai pembangkit listrik tambahan.

Kapal ditugaskan pada tahun 2007 dan digunakan oleh Armada Utara Rusia sebagai mata-mata kapal di perairan utara.

6 comments:

  1. indonesia perlu melirik rusia soal kapal selam karna udah terbukti memang hebat rusia soal kapal selam. ayo p.menhan beli kapal selam kilo ya minimal 10 biar aman indonesia.

    ReplyDelete
  2. SEMOGA INDONESIA JUGA MAMPU BERSAING DALAM DUNIA MILITER. KARENA INDONESIA ADALAH NEGARA KEPULAUAN TERBESAR DI DUNIA.

    ReplyDelete
  3. berbenahlah sdikit demi sedikit, krn perlahan, "Macan" asia akan bangkit dari tidur panjangnya, Indonesia tercinta!! :) :)

    ReplyDelete
  4. Indonesia harusnya memiliki kekuatan tempur dilaut yang sangat kuat agar bisa menjaga pertahanan,kesatuan,dan kedaulatan Republik Indonesia.

    ReplyDelete
  5. saya bangga,indonesia sendiri sudah mulai bisa membuat,adobsi teknologinya rusia akan menambah kekuatan armada RI TNI AL khususnya.

    ReplyDelete
  6. negara kuat jika kekuatan militer nya hebat dan canggih

    ReplyDelete

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...