Latest News

Jerman Berhasil Uji Coba Senjata Laser

Laser

Teknologi laser MBDA Jerman telah mencapai kekuatan 40 kilowatt, tes penembakan laser ini menggunakan demonstrator energi tinggi laser. Kekuatan laser yang dihasilkan oleh beam coupling dari fiber laser tersebut telah berhasil ditembakkan, ini untuk yang pertama kalinya di dunia.
Dalam tes target tracking dan menembak, MBDA Jerman mununjukkan beberapa keunggulan dari kinerja laser tersebut, antara lain mampu membakar mortir hanya dalam waktu beberapa detik. Laser dengan kekuatan 40 kilowatt tersebut juga menembus pelat baja dengan ketebalan 40mm dalam beberapa detik.

Tes menunjukkan kualitas yang baik dari penggunaan dan penggabungan beam laser yang tepat. Ini merupakan satu-satunya cara untuk memastikan bahwa target dapat dinetralkan dengan cepat dan akurat.

"Daya tinggi senjata laser ini akan segera menjadi jawaban atas ancaman konvensional dan asimetris dalam misi militer," jelas Peter Heilmer, Kepala Pengembangan Pasar dan Bisnis MBDA Jerman. "Laser ini akan memberikan kontribusi besar untuk melindungi pasukan kita. senjata ini memiliki presisi yang tinggi dalam rentang yang jauh, minim biaya operasional dan menghindari collateral damage."
"Daya tinggi senjata laser ini dapat segera menjadi jawaban atas ancaman konvensional dan asimetris dalam misi militer"
MBDA Jerman telah melakukan serangkaian tes sukses mulai dari tahun 2008. Pada 2011, MBDA Jerman adalah perusahaan pertama inEuropeto yang berhasil menghasilkan laser dengan kekuatan 10 kilowatt dengan kualitas laser yang baik.

Pada bulan September dan Oktober 2012, tes lebih lanjut akan dilakukan di Oberjettenberg, dimana proses tes keseluruhan mulai dari deteksi hingga netralisasi target yang terbang di udara akan diuji untuk yang pertama kalinya.

Pengembangan lebih lanjut dari demonstrator laser ini dibiayai menggunakan dana perusahaan sendiri dan sebagian oleh German Federal Office of Defence Technology and Procurement (BWB) beserta penelitian dan sumber daya teknologi mereka.


5 Responses to "Jerman Berhasil Uji Coba Senjata Laser"

  1. "Daya tinggi senjata laser ini dapat segera menjadi jawaban atas ancaman konvensional dan asimetris dalam misi militer".

    Mantap... kapan ilmuan Indonesia akan membuat teknologi laser seperti ini ya..??

    ReplyDelete
  2. yang menakutkan kl senjata ini di tempatkan di luar angkasa..

    ReplyDelete
  3. wah kalo ditaruh di angkasa seperti yg di film2 tu...

    ReplyDelete
  4. Tidak ada salahnya kita mencoba R&D teknologi laser utk berbagai bidang keperluan termasuk didalamnya adalah Alutsista TNI, lalu bukankah generasi muda kita sudah sejajar dg negara2 maju dlm Ilmu Fisika Modern bahkan pernah berprestasi menjadi juara dunia Olimpiade Fisika,... Jadi, merekalah sebenarnya yg akan memberikan sumbangsih kpd negeri ini bekerjasama dgn Lembaga2 Terapan terkait, serta diimbangi dgn Anggaran R&D yg lebih baik lagi, maka yakin dan percayalah kelak itu semuanya dapat tercapai!

    ReplyDelete
  5. mantap.. kalau buat 'nyorot' pasukan pasti gosong jadi abu.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.