Kendaraan Taktis Ringan Saratoga

Nama lengkapnya International Saratoga, tapi kita sebut saja Saratoga. Saratoga adalah kendaraan taktis ringan yang dikembangkan oleh Navistar Defense. Kendaraan ini dirancang untuk mengisi kesenjangan antara Humvee - Modernized Expanded Capacity Vehicle (MECV) - dan program kendaraan taktis ringan JLTV. Saratoga adalah kendaraan multiperan yang dirancang untuk memberikan keamanan dalam mobilitas dan sebagai kendaraan transportasi yang baik bagi pasukan yang beroperasi pada lingkungan penuh ancaman/perang.

Kendaraan taktis ringan
Kendaraan taktis ringan Saratoga

Pada bulan Oktober 2011, Navistar Defense meluncurkan kendaraan taktis ringan Saratoga saat Rapat Tahunan dan Simposium Asosiasi Angkatan Darat Amerika Serikat (AUSA).

Pada bulan Maret 2012, perusahaan ini mengajukan tawaran untuk program JLTV AS. Perusahaan ini menawarkan varian dari kendaraan taktis ringan Saratoga untuk program JLTV tersebut. JLTV adalah program bersama dari Angkatan Darat dan Korps Marinir AS untuk menggantikan armada Humvee yang sudah "uzur" dengan keluarga baru dari kendaraan taktis.


Kendaraan Taktis Ringan Internasional Saratoga

Saratoga menggabungkan desain modular yang nantinya memungkinkan untuk berintegrasi dengan sistem masa depan. Platform yang fleksibel memungkinkan produsen untuk dengan cepat mengembangkan varian baru dengan biaya rendah untuk memuaskan kebutuhan pelanggan, dalam hal ini AD dan AL AS. Desain Saratoga standar telah dimodifikasi untuk memenuhi persyaratan program JLTV.

ditawarkan untuk program JLTV AS
Saratoga ditawarkan untuk program JLTV Angkatan Darat AS

Seperti halnya kendaraan konvensional, mesin Saratoga terletak di bagian depan, kabin kru di tengah dan dengan kompartemen kargo terbuka di bagian belakang. Kabin kru dapat menampung empat penumpang plus seorang penembak (opsional). Penembak menggunakan bagian atas (open-close) dengan menggunakan senjata yang terpasang pada bagian atas Saratoga.
"Dengan beban angkut 3,26 ton, Saratoga mampu mengangkut trailer tow dan unit artileri ringan"
Saratoga memiliki panjang 5,7m, lebar 2,4 meter dan tinggi 2,1m. Berat kendaraan ini adalah 6.7 ton dengan maksimal beban muatan 3,26 ton. Artinya dengan beban angkut ini dapat juga membawa trailer tow atau unit artileri ringan.


Sistem Senjata dan Lapis Baja

Saratoga dilengkapi dengan sistem senjata ganda. Kendaraan taktis ini dapat dipersenjatai dengan senapan mesin 7,62mm atau 12,7mm atau peluncur granat otomatis 40mm. Juga dapat dipasang dengan stasiun senjata dengan remote control.

transportasi pasukan darat
Saratoga memberikan keamanan mobilitas dan transportasi yang baik bagi pasukan darat

Kendaraan ini akan melindungi kru dari tembakan senjata ringan, serpihan cangkang artileri, ledakan ranjau, IED dan ancaman-ancaman ringan lainnya. Lapis baja Saratoga adalah baja logam.
"Saratoga menggunakan mesin diesel turbocharged MaxxForce D6.0L V8 6-liter yang dikembangkan oleh Navistar."
Kelengkapan perlindungan dirancang untuk memenuhi batas maksimal beban tanpa mengorbankan kapasitas kinerja, payload dan manuver. Ketinggian lantai kendaraan dinaikkan setinggi mungkin guna perlindungan yang efektif dari ledakan. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan sistem pencegah kebakaran sebagai fitur standar.

menunjukkan kemampuannya di medan pasir
Saratoga menunjukkan kualitasnya di medan pasir

Solusi daya tahan eksklusif yang dirancang untuk Saratoga telah berhasil diuji oleh produsen. Solusi ini dikembangkan menggunakan teknologi kunci dalam pencampuran bahan, struktur kendaraan dan bentuk lambung kendaraan.


Mesin dan Uji Mobilitas Internasional Saratoga

Kendaraan taktis ringan JLTV adalah kendaraan program dukungan baru yang dikembangkan oleh pasukan AS, khususnya Angkatan Darat, USSOCOM, dan Korps Marinir AS.

Saratoga didukung oleh mesin diesel turbocharged MaxxForce D6.0L V8 6-liter yang dikembangkan oleh Navistar. Sistem transmisi Allison 2100 SP 6-speed otomatis menghasilkan kekuatan 340 tenaga kuda. Mesin kompatibel bahan bakar JP8/military dilengkapi dengan modul kontrol elektronik (ECM).

Mendaki di daerah perbukitan
Saratoga mendaki di daerah perbukitan

Kendaraan ini telah mengalami pengujian lebih dari 40.000 km. Ini menunjukkan tingkat mobilitas yang unggul selama uji coba. Kendaraan ini dilengkapi dengan sistem suspensi independen air spring dengan variabel kontrol naik tinggi.

Saratoga memiliki ground clearance yang tinggi, tetapi muat untuk transportasi melalui udara dan untuk disimpan/dibawa dengan kapal. Sistem inflasi ban sentral dipasang ke kendaraan untuk meningkatkan kemampuan menanjak pada permukaan yang tidak rata.

Radius putar dari kendaraan ini adalah 1,3m. Mampu menanjak sisi lereng dengan kemiringan 40 derajat dan dapat melalui medan air dengan kedalaman 0,76m.

Spesifikasi SARATOGA
Produsen
Navistar Defense
Kru
4 kru dan 1 penembak
Panjang
5,7 meter
Lebar
2,4 meter
Tinggi
2,1 meter
Mesin
MaxxForce D6.0 V8 diesel
Berat kotor
9,979 ton

Sumber gambar: Navistar Defense.

0 comments:

Post a Comment

HOME
▲ Back To Top
NEWSLETTER

Masukkan email pada form di bawah ini lalu klik 'SUBMIT'. Setiap artikel terbaru akan kami kirimkan ke email Anda.


Sebagian besar kematian tempur di Perang Napoleon, Perang Dunia I dan Perang Dunia II disebabkan oleh artileri. Stalin menyebut artileri sebagai "God of War". Namun, ini hanya blog yang bernama ARTILERI.


  • facebook
  • twitter
  • google plus
  • rss