Latest News

Zulfikar Tank Tempur Utama (MBT) Iran

Zulfiqar atau Zolfaqar merupakan Tank Tempur Utama (MBT) Iran, mulai diproduksi pada tahun 1996. Tank Zulfiqar dioperasikan oleh 3 kru - komandan, pengemudi dan penembak. Nama Zulfiqar diambil dari nama pedang khalifah umat Islam ke-4 yaitu Sayyidina 'Ali bin Abi Tholib.

Varian tank Zulfiqar I dan II selama ini dioperasikan oleh Angkatan Darat Iran. Pada bulan Mei 2010, Departemen Pertahanan Iran mengumumkan varian baru dan upgrade dari tank Zulfiqar yaitu Zulfiqar III.

MBT Iran
Tank tempur utama Zulfiqar I, dikenalkan pada publik pada tahun 1994
Pengembangan Tank Tempur Utama Zulfiqar

Brigadir Jenderal Mir-Younes Masoumzadeh mengkonsep rancangan MBT Zulfiqar. Dikembangkan berdasarkan tank M48, M60 dan T-72. Prototipe pertama  dari Zulfiqar I dirancang pada tahun 1993 dan diperkenalkan kepada publik pada tahun 1994. Pada tahun 1997, enam prototipe telah berhasil diciptakan, diuji coba dan dipakai oleh Angkatan Darat Iran. Pada tahun yang sama, Presiden Iran Hashemi Rafsanjani resmi memproduksi secara massal tank Zulfiqar di kompleks industri Kolah Shahid Dooz. Sekitar 600 artileri, 520 tank dan 500 kendaraan lapis baja diproduksi disini.
"Upgrade ke Zulfiqar III akan mencakup perbaikan sistem navigasi tembak, rangka, persenjataan, mesin dan sistem laser"
Desain Tank Zulfiqar III

Turret - bagian atas tank (kubah, menara) - dari tank Zulfiqar III dirancang di dalam negeri berbentuk kotak yang khas, dan mengkombinasikan beberapa bagian dari sistem tank M60 dan T-72. Tank ini memiliki bobot tempur sekitar 36 ton dengan fitur loader otomatis dan proteksi lapis baja berbahan komposit.

MBT Iran
Loader Otomatis pada tank Zulfiqar dan proteksi lapis baja komposit.
Varian

Zulfiqar I dibuat dengan baja komposit yang diperkuat pada bagian depan. Ini mencakup sistem kontrol komputerisasi untuk penembakan yang memungkinkan penembakan tepat sasaran. Di atas turret diletakkan pod peringatan laser dan kemananan tank ditingkatkan dengan reactive armour package.

Zulfiqar II adalah versi perbaikan dari Zulfiqar I. Disertai mesin baru yang powerfull dan rangka yang lebih panjang untuk meningkatkan autoloader. Zulfiqar II digunakan sebagai tank penelitian/prototipe sementara untuk menciptakan varian berikutnya yaitu Zulfiqar III.

Zulfiqar III adalah versi terbaru dan yang paling maju dalam keluarga Zulfiqar, dan saat ini Angkatan Darat Iran tengah melakukan penelitian untuk tujuan meningkatkan aplikasi dan teknologinya. Upgrade selanjutnya termasuk meningkatkan sistem navigasi penembakan, rangka, persenjataan, mesin dan sistem laser. Roda Zulfiqar III akan ditutupi dengan tameng lapis baja.

Propulsi Zulfiqar III

Tank ini didukung mesin Vee diesel dengan 12 silinder yang bertenaga 780 kuda. Rasio untuk berat tanknya adalah 21,7 tenaga kuda per ton. Memiliki 6 gigi percepatan, spat 1.200 transmisi otomatis, yang memberikan tank kecepatan maksimum hingga 70 km/jam. Zulfikar III memiliki sistem suspensi torsi-bar yang mirip dengan yang ada pada tank M48 dan M60. Jangkauan operasionalnya adalah 450km.

MBT Iran
Tank tempur utama Zulfiqar III
Persenjataan

Tank Zulfiqar I dipersenjatai dengan meriam Smoothbore 125mm yang diadopsi dari tank T-72 Rusia. Varian ini dilengkapi dengan sistem kontrol penembakan EFCS-3 Slovenia yang ada pada tank Safir-74 atau Tipe 72Z.
"Zulfiqar III memiliki meriam smoothbore 125mm 2A46 yang kuat dan dilengkapi dengan fume extractor"
Sistem ini memberikan keleluasaan bagi tank untuk menembak target walaupun dalam keadaan sama-sama bergerak. Dibagian turret juga dipasang sebuah pod untuk peringatan laser. Zulfiqar III memiliki meriam smoothbore 125mm 2A46 yang kuat dan dilengkapi dengan fume extractor.

Amunisi dari meriam utama disuplai dari autoloader. Persenjataan sekunder lainnya yang terpasang pada Zulfiqar antara lain senapan mesin koaksial 7,62mm dan senapan mesin 12,7mm.

Amunisi Iran dan Grup Industri Metalurgi (AMIG) dari Organisasi Industri Pertahanan (DIO), anak perusahaan dari Departemen Pertahanan Iran dan dukungan bagi Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran, memproduksi amunisi standar untuk armada Zulfiqar. Zulfiqar III juga memiliki sistem kontrol penembakan dan laser range finder baru.

Spesifikasi
OperatorAngkatan Darat Iran
Panjang 7 meter
Lebar3,6 meter
Tinggi2,5 meter
Berat36 ton s/d 41 ton
Kecepatan70km/jam
Power21,7hp/ton


3 Responses to "Zulfikar Tank Tempur Utama (MBT) Iran"

  1. Beratnya hanya 36-41 ton?
    Kemungkinan besar perlindungan bajanya tipis
    beberapa kali hantam pake RPG juga meleduk
    apalagi mau ngelawan M2abrams yg beratnya 60 ton

    ReplyDelete
  2. makin besar makin .kuat . Klo gitu kita bikin aja tank yg beratnya 100 ton.

    ReplyDelete
  3. makin besar makin kuat? ky mak erot aj bro...

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.