Top 10 Pesawat Tercepat di Dunia Tahun 2012

Kemampuan untuk terbang merupakan impian manusia bahkan sejak jaman Romawi kuno. Tujuan tersebut pun kini sudah tercapai dengan banyaknya objek yang terbang di langit dunia seperti pesawat, helikopter bahkan roket dan rudal balistik. Namun, yang namanya manusia tidak akan puas dengan apa yang telah dicapainya saat ini. Dulu pesawat hanya sekedar terbang, tapi kini sudah banyak pesawat yang kecepatannya bahkan melebihi kecepatan suara. Dibawah ini adalah daftar 10 pesawat tercepat di dunia di tahun 2012.

Top 10 Pesawat Tercepat di Dunia Tahun 2012

10. F-111 Aardvark
Pesawat tercepat di dunia 2012


















Dikenal sebagai pesawat pembom strategis tercepat di dunia, F-111 Aardvark diciptakan oleh General Dynamics. Mampu terbang dengan kecepatan 1.850 mil/jam atau mach 1,3 (lihat NB dibawah). Pertama kali dibuat sebenarnya adalah sebagai fighter Angkatan Udara AS, tetapi ada kesalahan dan kekurangan yang ditemukan, yang membuatnya kini hanya sebagai pesawat land based.


9. F-15 Eagle
Pesawat tercepat di dunia 2012
















Mencapai kecepatan maksimum lebih dari 1.875 mil/jam atau mach 2,35, F-15 Eagle adalah pesawat fighter tercepat. Tercepat, meskipun F-15 Eagle berbobot tempur lebih berat yaitu 24.500 pon, yang terdiri dari bom rudal, bahan bakar dan bobot pesawat itu sendiri.


8. XB-70 The Valkyrie
Pesawat tercepat di dunia 2012

















The Valkyrie, dibuat oleh Aviation Amerika Utara di tahun 1950-an untuk menghindari pesawat pencegat dan pesawat tempur lainnya, karena dapat terbang dengan kecepatan lebih dari 1.890 mil/jam atau mach 3,05. Digunakan sebagai pesawat pembom strategis, dan merupakan cikal bakal dari pesawat pembom bersenjata nuklir AS B-70.


7. Bell X-2
Pesawat tercepat di dunia 2012
















Bell X-2 sebenarnya merupakan pesawat penelitian yang digunakan untuk mempelajari dan memajukan teknologi aerodinamika, temperatur, manuver, dan kontrol, yang akhirnya akan membuat jalan untuk menciptakan pesawat yang lebih baik. Bell X-2 mampu terbang dengan kecepatan 1.900 mil/jam atau mach 3- mach 3,2.


6. Mikoyan MiG-25
Pesawat tercepat di dunia 2012


















Head to head dengan F-15 Eagle? menang yang mana?. Pesawat tempur Mikoyan Mig-25 sangat terkenal dengan kecepatannya. Mampu terbang dengan kecepatan lebih dari 2.000 mil/jam atau mach 3,2 pada kecepatan maksimumnya. Mikoyan Mig-25 terdiri dari 2 versi : versi pengintai dikeluarkan pada tahun 1969 dan versi pencegat di tahun 1972. Meskipun kemampuan manuver pesawat ini tidak istimewa, tapi bila berhadapan dengan F-15 Eagle bukanlah menjadi masalah. Saat Perang Teluk, pesawat ini mampu menghindari 10 rudal dari F-15 Eagle.


5. Lockheed YF-12A
Pesawat tercepat di dunia 2012













Pesawat ini merupakan pendahulu dari pesawat Balckbird SR-71. Lockheed YF-12A terbang pertama kali pada 7 Agustus 1963 di wilayah Area 51 AS (Area 51 untuk menjaga kerahasiaan). Mampu terbang dengan kecepatan 2.070 mil/jam atau lebih dari mach 3,2.


4. SR-71 Blackbird
Pesawat tercepat di dunia 2012


















Pada tanggal 27 Juli 1976, SR-71 Blackbird telah mendapatkan rekor dunia untuk rekor pesawat tercepat yaitu 2.193,17 mil/jam, dan pesawat ini masih mampu mencapai kecepatan masksimum 2.200 mil/jam atau mach 3,5-3,7. Karena memiliki sifat terbang cepat, badan pesawat dibuat dari titanium, bukan alumunium biasa. Bahan itu berguna untuk menahan panas setinggi 2.000 derajat Fahrenheit yang dapat berdampak pada badan dan sayap pesawat.


3. X-15
Pesawat tercepat di dunia 2012
















X-15 dibuat oleh Amerika Utara dan sepertinya ditakdirkan untuk menjadi pesawat bisa mengubah semua pilotnya menjadi astronot. Maksudnya bukan astronot betulan, tapi karena pesawat ini secara konsisten mampu mencapai ketinggian 50 mil dengan mudah. Dengan kecepatan 4.250 mil/jam atau mach 6,7, pesawat ini menjadi pesawat yang sempurna untuk pelatihan ruang angkasa. X-15 pernah digunakan oleh astronot terkenal, Neil Amstrong, sebelum ia menjalankan misinya ke bulan.


2. Scramjet X-43A
Pesawat tercepat di dunia 2012











Selama bertahun-tahun sejak tahun 2004, Scramjet X-43A yang dibuat oleh NASA telah mencapai rekor sebagai pesawat tercepat di dunia. Kecepatan tertingginya adalah 7.000 mil/jam atau 9,3 kali lebih cepat dari kecepatan suara. Pesawat ini tak berawak dan mampu mencapai kecepatan maksimumnya hanya dalam waktu 11 detik saja.


1. Falcon HTV-2
Pesawat tercepat di dunia 2012












Falcon HTV-2 atau Kendaraan Teknologi Hipersonik 2 dapat terbang dengan kecepatan gila yaitu 13.000 mil/jam, 3,6 mil/detik atau 20 kali lebih cepat dari kecepatan suara. Artinya Pesawat mampu melakukan perjalanan dari London, Inggris ke Sidney, Australia hanya dalam waktu 60 menit. Pesawat ini dibuat untuk mengatasi serangan teroris dan operasi-operasi militer lainnya dengan cara mengirimkan langsung pesawat ini dari pangkalan-pangkalan Amerika dalam hitungan menit.

NB. 
mach 1 = 1.225 km/jam = 1 kali kecepatan suara. 
Konversi mach ke kilometer atau mil tidaklah tetap, artinya bisa lebih-kurang dari situ tergantung ketinggian, suhu dan tekanan udara.
1 mil = 1,609 km

17 comments:

  1. wah, gila tuh Gan. Cuma butuh 1 detik untuk 3,6 mil

    ReplyDelete
  2. 13.000 mil/jam coba motor ada yg kecepatannya segitu laut udah kebelah dua kli yah...

    ReplyDelete
  3. gile dah, mantep bener tuh ya, kapan indonesia bikin :D

    ReplyDelete
  4. semuanya dari US...
    Sukhoi PAK T-50 mana broo...
    pesaawat tempur rusia sudah setara dengan US..
    justru sekarang US sedang keteteran karena pemotongan anggaran akibat krisis tak berkesudahan.
    analisanya yang balance dong

    ReplyDelete
  5. Bener cepat tapi kapan indonesia kita ini bisa membuat kapal secepat itu.

    ReplyDelete
  6. jangan percaya kecepatan seperti itu,

    ReplyDelete
  7. ada nggak yang mencapai kecepatan cahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak Ada..kalau ada .hanya butuh waktu 8 menit untuk mencapai matahari.

      Delete
  8. masih gak da yg bs ngalahin pesawat punya nya dhajal tapi khan..hahaha

    ReplyDelete
  9. Kecepatan cahaya mah masih harapan :v

    ReplyDelete
  10. wihh,,keren2 kpan ya bisa naikin nya,,hahahahahaaaaa

    ReplyDelete
  11. ke sekolah enak tuh pake pesawat begituan..

    ReplyDelete
  12. Masih cepetan burok. Dr bumi k langit 7 bolak balik gak nyampe semalem :P

    ReplyDelete
  13. masih cepetan kecepatan GOSIP SELEBRITIS, satu detik saja udah sampai ke penjuru Indonesia

    ReplyDelete
  14. GAK ADA YG BISA NGALAHIN KECEPATAN AJAL

    ReplyDelete
  15. kalian loh kok omongannya pada ngelantur semua. ini PESAWAT TERBANG bro. jangan dibandingin sama unsur2 agama. dewasa dikit napa? dikit-dikit dajal dajal dajal buroq buroq buroq. ada lagi bandingin sama gosip. ane nasehatin. pesawat2 gini yang buat manusia. jelas ga bisa secepat apa yang lu referensikan lebih cepat. dewasalah.

    nb. meski kalian mau anggap komentar kalian becanda atau serius. saya akan tetap anggap nonsense karena ranah postingan mengenai pesawat buatan manusia bukan makhluk yang bersifat

    ReplyDelete

HOME
▲ Back To Top
NEWSLETTER

Masukkan email pada form di bawah ini lalu klik 'SUBMIT'. Setiap artikel terbaru akan kami kirimkan ke email Anda.


Sebagian besar kematian tempur di Perang Napoleon, Perang Dunia I dan Perang Dunia II disebabkan oleh artileri. Stalin menyebut artileri sebagai "God of War". Namun, ini hanya blog yang bernama ARTILERI.


  • facebook
  • twitter
  • google plus
  • rss