Teknologi Tinggi Kapal Selam U214 Jerman

Laporan terakhir yang menyatakan Israel telah menerima kapal selam buatan Jerman yang bisa dipersenjatai dengan nuklir telah menempatkan industri kapal selam Jerman menjadi sorotan dunia.  Disini akan kita ceritakan sedikit ulasan tentang kapal selam Jerman yang paling mutakhir saat ini yaitu U214.

Pada akhir 2010, Menteri Keuangan Yunani Evangelos Vanizelos mengundurkan diri tepat sebelum ia dijadwalkan untuk menerima kapal selam U214 dari Jerman senilai ratusan juta Euro untuk Yunani. Venizelos mungkin sedang tidak mood untuk merayakan kedatangan kapal selam tersebut, mengingat bahwa situasi ekonomi Yunani yang parah saat ini.

Kapal selam U214
Kapal selam U214
Di tempat lain, Kepala Angkatan Laut Yunani mengunjungi galangan kapal perusahaan HowaldtswerkeDeutsche Werft di Jerman untuk menerima kapal selam tersebut. Ini adalah kapal selam pertama dalam kontrak 6 unit dengan Jerman yang diterima oleh Yunani. Kontrak untuk kapal selam itu ditandatangani sebelum krisis keuangan meledak di negara itu.

Daya Tahan lama

Dengan kapal selam U214, holding company Thyssen-Krupp Marine Systems (TKMS) di Essen, Jerman telah menciptakan model "hot" dari kapal selam untuk pembeli internasional. Seiring dengan Yunani, negara-negara seperti Portugal, Turki, Israel dan Korea Selatan telah mengajukan order, namun kesepakatan untuk Pakistan gagal.

Korea Selatan
Kapal selam U214 Korea Selatan
Setiap negara memiliki alasan tersendiri untuk membeli kapal selam U214, yang dikenal memiliki sistem propulsi udara independen yang memungkinkan kapal selam bertahan dalam air selama berminggu-minggu. Sebaliknya, kapal selam diesel harus muncul ke permukaan secara teratur untuk "bernafas".

Sampai saat ini, propulsi udara independen hanya tersedia di kapal selam atom yang besar yang mampu membawa awak sekitar 130 orang. Sebagai perbandingan, U214 lebih konvensional, hanya 27 awak.

Dukungan Berlin

Kapal selam menjadi sesuatu yang sangat penting bagi industri galangan kapal Jerman. Dengan pembuatan kapal kargo telah bergeser ke China dan Korea Selatan, kapal selam dan kapal cruise merupakan pilar terakhir dari industri galangan kapal Jerman. Sejak pembangunan kapal di Jerman hanya menguntungkan dalam sektor militer, TKMS telah menjual divisi sipilnya ke investor lain.

Perusahaan ini sekarang secara eksklusif fokus pada pembuatan kapal selam untuk tujuan militer, dan kapal selam U214 lah yang paling menghasilkan. Pesanan 6 U214 oleh Turki akan "mengamankan" keuangan TKMS selama bertahun-tahun kedepan. Angkatan laut Jerman juga tengah memesan kapal selam tersebut. Di satu sisi, 3.700 karyawan di TKMS tergantung dari uang pemerintah. Seperti kapal selam untuk Angkatan Laut Jerman dan Israel yang didanai terlebih dahulu oleh pemerintah Berlin.

Teknologi Baru

Kapal selam bukan berarti adalah barang peninggalan dari Perang Dingin, tetapi akan semakin penting bagi strategi militer. Kapal selam akan menjaga pangkalan, melindungi kapal kargo atau untuk tugas memata-matai negara lain.

Model terbaru dari kapal selam terus menerus disesuaikan dengan berbagai tugas yang dilakukan oleh Angkatan laut Jerman. Misalnya, kapal selam suatu saat nanti bisa meluncurkan pesawat atau peluru kendali.

Kapal selam U214
Kapal selam U214
Untuk mitra NATO yang saat ini terjebak dalam kesulitan ekonomi, fitur teknis mungkin terlalu mahal. Kapal selam yang dijual ke Athena bahkan mungkin tidak akan tinggal lama di Angkatan Laut Yunani. Politisi Yunani saat ini tengah berfikir untuk menjual kapal selam tersebut untuk Angkatan Laut negara lain.

Karakteristik dan Spesifikasi
Mulai dioperasikan
2005
Kru
27 orang
Kedalaman Selam (Operasional)
400 m
Dimensi dan berat
Panjang
65 m
Lebar
6.3 m
Draught
6 m
Berat muncul
1 700 tons
Berat selam
1 980 tons
Daya dorong dan kecepatan
Kecepatan muncul
12 knots
Kecepatan selam
20 knots
Mesin diesel
2 x 8 475 hp/tenaga kuda
Motor listrik
1 x 2.85 MW
Persenjataan
Misil dan torpedo
16 torpedo 8 x 533-mm bow tubes atau misil Harpoon anti-kapal



7 comments:

  1. Andai saja negara kita bisa memilikinya,pasti bisa membanggakan kakak2nya yg lebih dulu ada(KRI.Chakra & KRI.Nenggala).. Meski begitu,aku yakin Jerman jg ikut bangga melihat karyanya yg sudah berumur,tp masih mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Jayalah INDONESIAKU..

    ReplyDelete
  2. Mengharapkan dengan amat sangat.. 6 Kapal U214 untuk AL Yunani dialihkan untuk TNI AL!!!!
    Berikut Kapal Amfibi AL Italia yg baru..
    Jalesveva Jayamahe

    ReplyDelete
  3. Mengharap dengan amat sangat, U214 Yunani enam-enamnya dijual lagi ke TNI AL. Sama Assault Amphibious Vesselnya sekalian. Amin

    ReplyDelete
  4. Pak pres mohon dptnya dibeli 6 kapal selam U-214 milik yunani, negara tsb perlu bantuan dana utk penjualan kapal selamnya dan kita memberikan bantuan utk membeli kapal selamnya. Mudah2 dpt memberikan bantuan keamanan maritim Nusantara kita....

    ReplyDelete
  5. U - 214 sma U - 212 bedanx ap ya min .. ??

    Dlu kn mreka blng U - 212 Puncak dri tknologi kpal slam jerman ..

    Ap U - 214 itu versi exporex dari U - 212 ..??

    trimz .. !!

    ReplyDelete
  6. sangat setuju jika TNI AL mengakuisisi 6 units KS U214 Yunani ex German yang sedang ditawarkan ke negara lain yang bersedia membeli, jika Indonesia akan mengakuisisi tentunya kita berharap mendapatkan diskon yang besar.dan persetujuan German dengan ToT.

    ReplyDelete
  7. manfaatkan anak negeri sendiri.. kembangkan kreasimu.. bukankah banyak lulusan tehnik perkapalan yang siap direkrut...

    ReplyDelete

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...