Satuan Ukuran Standar

Satuan Standar

Ada kalanya kita bertanya-tanya :
  • 1 mil berapa kilometer?
  • 1 knot berapa kilometer/jam?
  • 1 mach berapa kilometer/jam?
  • 1 yard berapa meter?
  • 1 kaki berapa meter?
  • 1 inci berapa centimeter?
  • 1 pon berapa kilogram?
Mungkin banyak dari kita yang sudah mengetahui konversi dari satuan-satuan standar diatas, tapi tak sedikit pula yang lupa atau tidak tahu. Berhubung artikel-artikel di sini terkadang menggunakan satuan diatas. Nah, kini saya kembali mengingatkan untuk Anda dan terutama untuk diri saya sendiri. Sedikit ulasan, tapi mudah-mudahan bermanfaat.

Mil
Mungkin kita kurang familiar dengan istilah satuan kecepatan ini. Satuan kecepatan mil ini biasa dipakai orang-orang bule. Mereka lebih kenal dengan mil ketimbang km, begitu pun kita sebaliknya.
1 mil = 1,609 km
Ya bolehlah anda bulatkan (maksa) bahwa 2 mil itu kira-kira 3 kilometer he...

Knot
Satuan kecepatan knot ini biasa dipakai untuk objek yang berjalan di laut misalnya kapal laut, kapal selam dll. Nih ada artikel Top 10 Kapal Selam Terbaik.
1 knot =  1,85200 km/jam

Mach
Mach merupakan salah satu satuan kecepatan untuk objek yang terbang di udara, apakah itu rudal, pesawat supersonik, jet atau bahkan lemparan piring istri Anda he.... Mach 1 atau 1 mach artinya 1 kali kecepatan suara. Terus, berapa km/jam kecepatan suara itu? 

Nah, sesungguhnya bilangan mach ini tidak fix secara pasti - seperti halnya 1 knot yang sama dengan 1,85200 km/jam - karena tergantung suhu dan tekanan udara dimana objek tersebut terbang. Jadi bisa lebih, bisa kurang, tapi bisa kita ambil patokan standar bahwa : 
1 mach = 1225 km/jam atau 761,2 mil/jam

Yard
1 yard = 0,9144 meter, 1 meter = 1,0936133 yard. Berarti 1 yard itu hampir 1 meter ya

Kaki/feet
1 kaki = 0,3048 meter. Dapat kita katakan bahwa 1 yard itu 3 kaki, dam 3 kaki itu hampir 1 meter.

Inci
Dari mulai pertama sekolah sudah dibelikan mistar oleh orang tua. Sampai kerjapun masih berkutat dengan mistar. Tapi coba kalau kita menggaris sesuatu, kita lebih berpatokan kepada cm kan? akhirnya inci terlupakan. Tidak salah, saya juga begitu, mungkin diakibatkan karena pak guru lebih sering menyebut cm ketimbang inci. Tapi almarhum kakek saya dan banyak orang-orang tua yang saya temui, mereka kebanyakan lebih paham inci ketimbang cm.
1 inci = 2,54 cm

Pon/pound
Ini satuan untuk ukuran berat. Ada kontroversi di satuan pon ini khususnya di Indonesia. Ada yang mengatakan bahwa pon itu berbeda dengan pound. Bila kata pound kita terjemahkan di Google Translate maka hasilnya adalah pon. Tapi ada yang menyangkal hal ini karena pon yang kita pakai selama ini adalah pon warisan Belanda yang berbeda ukurannya dengan pound internasional.

Dalam kamus Belanda, 1 pon yang kita pakai selama ini adalah setara dengan 500 gram atau 1/2 kilogram. Dalam ukuran internasional, 1 pound itu bukanlah 1/2 kilogram tapi 0,45359237 kg. Tapi untuk kepastiannya bolehlah kita tanya JS.Badudu (kenal gak? he...).

Untuk ukuran pon yang sering saya tulis di artikel-artikel sebelumnya adalah ukuran pon internasional. Hampir sama sih beratnya, Anda juga tidak mau ambil pusing kan.
1 pon = 0,45359237 kg


Bukan cuma satuan diatas, masih banyak satuan-satuan standar lain yang tidak saya tuliskan. Tapi berhubung di blog ini cenderung cuma menggunakan satuan-satuan diatas, ya cuma itu yang saya tulis. Terimakasih

2 comments:

  1. Hehheehe.....dari dulu sekedar baca, akhirnya tahu juga......tengkyu...

    ReplyDelete

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...