Pesawat Tanpa Awak Pertama Taliban

Beberapa gambar dari mikro-UAV (Pesawat tanpa awak) yang ditemukan dalam serangan pemberontak Taliban di Provinsi Helmand, Afganistan baru-baru ini muncul di internet. Banyak pihak yang bertanya-tanya apakah drone (pesawat tanpa awak) ini adalah buatan Taliban/Al-Qaeda sendiri?. Hampir dapat dipastikan bahwa hal itu adalah tidak.

Taliban
UAV Taliban
Pesawat tanpa awak yang ditunjukkan di foto-foto disini adalah Desert Hawk buatan Lockheed Martin AS yang kemungkinan jatuh dalam misinya di Afganistan saat sedang dioperasikan pasukan NATO. Ingat, kecelakaan UAV yang berbadan kecil memang sering terjadi. UAV murah seperti Desert Hawk bisa jatuh karena banyak sebab ringan, mulai dari cuaca buruk, terbang terlalu jauh dan kehilangan koneksi dengan laptop yang mengendalikannya.

Taliban
UAV Taliban
Taliban
UAV Taliban
Para pemberontak Taliban mungkin menemukan pesawat kecil yang jatuh tersebut. Dilihat dari foto, UAV tersebut memang sepertinya tidak tampak layak terbang. Bahkan bila mekanik Al-Qaeda dapat memperbaiki kerusakan fisik drone tersebut, mereka kemungkinan besar tidak memiliki akses ke perangkat lunak komputer dan peralatan komunikasi yang diperlukan untuk membuatnya bekerja.

Disini juga saya tampilkan dua foto dari Desert Hawk buatan Lockheed Martin ketika Pameran Hari Marinir AS tahun lalu. Bandingkan pesawat tak berawak diatas dengan Desert Hawk buatan Lockheed Martin di bawah ini.

Lockheed Martin
Desert Hawk Lockheed Martin
Lockheed Martin
Desert Hawk Lockheed Martin

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...