Latest News

Pakistan Uji Coba Rudal Nuklir Kelima

ISLAMABAD - Pada tanggal 5 Juni Pakistan melakukan uji coba rudal berkekuatan nuklir sejak India meluncurkan senjata jarak jauh baru yang mampu menghantam Cina dan Asia.

Rudal tersebut dinamai Hatf VII, sebuah rudal jelajah yang memiliki jangkauan 440 mil (700 kilometer), mampu membawa hulu ledak konvesional dan memiliki kemampuan siluman (stealth), menurut sebuah sumber militer terpercaya.

Rudal ini dapat terbang rendah dengan kemampuan manuver yang tinggi, memiliki akurasi yang baik dan dapat menghindari lacakan radar.

Rudal Hatf-VII Pakistan
Rudal Hatf-VII Pakistan

Untuk tahun 2012, ini merupakan tes kelima Pakistan untuk sebuah rudal berkemampuan nuklir sejak 25 April bulan lalu

Pada tanggal 20 April, India berhasil menguji coba rudal Agni-V yang mampu membawa hulu ledak nuklir seberat 1 ton. Peluncuran rudal India ini  menandai lompatan besar dalam kemampuan militer India.

India dan Pakistan telah berperang sebanyak 3 kali sejak merdeka dari Inggris pada 1947. Masing-masing dari mereka sampai saat ini telah melakukan uji coba nuklir rutin sejak keduanya menguasai teknologi senjata nuklir pada tahun 1998.

Analis pertahanan mengatakan, meskipun prioritas strategis militer India lebih terfokus kepada China, namun Pakistan masih khawatir dengan 'tetangga timurnya' itu.

Seperti yang kita ketahui, Pakistan merupakan sekutu baik dari China. India memerangi Pakistan, sama saja dengan memerangi China. Terlepas dari hal itu, hubungan India dengan China memang selalu tegang sejak beberapa dasawarsa terakhir, salah satunya karena sengketa perbatasan. Ditambah lagi rasa sakit hati India karena kekalahan dalam perang melawan China puluhan tahun silam - lupa deh tahunnya -


0 Response to "Pakistan Uji Coba Rudal Nuklir Kelima"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.