Search
» » Jenis-Jenis Peluru Senapan Angin

Kekuatan sebuah senapan angin terletak pada seberapa besar energi kinetiknya, secara tidak langsung hal ini dapat diukur dari energi kinetik yang dihasilkan untuk proyektil pelurunya (biasa kita sebut dengan pelet). Berbagai kaliber senapan angin tersedia di pasaran, kaliber 0,177 mungkin merupakan yang terpopuler digunakan. Berat pelet diukur dalam ukuran grain. Pelet senapan angin tersedia dalam bermacam jenis yang disesuaikan untuk penggunaannya, medan atau sasaran tembaknya. Salah satu cara untuk menguji jenis pelet adalah dengan menempatkan sabun sebagai sasaran tembak yang dilakukan dari jarak yang berbeda-beda.

Berikut jenis-jenis peluru/pelet senapan angin :

Pelet Field Point
digunakan untuk berburu dan mengendalikan hama










Pelet Field Point digunakan untuk penetrasi yang dalam. Biasa digunakan untuk perburuan kecil, pengendalian hama di kebun atau bahkan untuk mengatasi "manusia nakal". Penetrasi yang dalam disebabkan karena pelet Field Point menghasilkan energi kinetik yang tinggi.



Pelet Flat Nosed
digunakan untuk kompetisi












Pelet Flat Nosed juga dikenal sebagai wadcutters. Biasa digunakan untuk penembakan target dalam suatu kompetisi. Pelet ini "memotong" tajam, bersifat "clean holes" di kertas target untuk membuat skor seakurat mungkin. Pengaruh hambatan udara pada pelet Flat Nosed jarang terlihat untuk jarak dibawah 35 meter. Di luar 35 meter, efek hambatan udara baru terasa.



Pelet Hollow Point
digunakan untuk kompetisi menjatuhkan target














Pelet Hollow Point memberikan efek shock energi kinetik yang tinggi seperti halnya pelet Field Point. Biasa digunakan di lapangan dan penggunaan khusus seperti kompetisi siluet senapan angin. Secara umum, kompetisi siluet mengharuskan senapan angin yang digunakan beratnya tidak lebih dari 16 pon. Tapi beberapa jenis/kelas olahraga menembak ada yang membolehkan senapan angin dari berbagai kaliber maupun berat, dan kompetisi dapat berlangsung di luar atau dalam ruangan. Empat target yang berukuran dan berbentuk berbeda, biasanya terdiri dari potongan baja yang disusun. Tujuan pertandingan adalah untuk menjatuhkan masing-masing potongan baja tersebut. Pelet Hollow Point memberikan daya efek knock down yang diperlukan untuk menjatuhkan potongan baja tersebut.



Pelet Round Head
untuk perburuan jarak dekat











Pelet Round head, Domed atau Round Nose, semuanya digunakan untuk tujuan menembak target dan biasa di lakukan di lapangan. Pelet jenis ini tersedia dalam berbagai berat. Pelet Round Nose dengan berat menengah menawarkan perpaduan lintasan datar yang seimbang dan Pelet Round Nose berat (bertenaga medium) untuk berburu. Untuk pelet Round Head yang berat, digunakan untuk senapan angin yang kuat dalam perburuan jarak dekat. Pelet yang lebih berat daya tembusnya biasanya baik dan tidak begitu terpengaruh oleh angin.



Pelet BB
pelet  murah
















Pelet BB adalah pelet yang mungkin paling akrab dengan senapan angin. Merupakan proyektil bulat yang terbuat dari timah atau baja. Akurasinya tidak begitu menjanjikan, murah dan tersedia hampir di setiap toko olahraga.

Share !
«
Newer Post
»
Older Post

3 comments:

  1. pak jenis peluru terbaik jenis 4,5 mm apa ya......... yg tidak melayang dan jangkauan yg jauh

    ReplyDelete
  2. tergantung merek senapan anginnya pak...kalau pakai yang buatan luar apalagi PCP ,,peluru senapan anginya tinggal dicari yang terbaik untuk masing masing ...itu harus ditest sendiri...tidak ada patokannya...
    tapi yang terkenal dipakai adalah beeman kodiak, H&N,...
    kalau pakai merek lokal walahualam dah...

    ReplyDelete
  3. nama jenis senapan angin yg dipakai ps kompetisi PON kelas air riffle 25 m dan 10 m apa yg bagus ya pak.mhn arahan.trims

    ReplyDelete