Cina Mengirimkan Kapal Perang Ke Perairan Filipina

Kedatangan kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat di Subic Bay (Semenanjung Subic) tampaknya telah mendorong Cina untuk mengerahkan lima kapal perangnya ke dekat wilayah maritim dari Filipina. Hal ini dilaporkan 3 hari lalu oleh Duowie News, sebuah outlet berita yang dioperasikan oleh perantau Cina di Taiwan, mengatakan lima kapal tersebut adalah dua kapal perusak Type-052B, dua frigat Jenis-054A dan satu kapal transportasi Jenis-071 amfibi.

Kapal-kapal tersebut diperintahkan oleh otoritas Cina untuk misi pelatihan di lokasi yang belum ditentukan di dekat Filipina, tapi bisa diperintahkan untuk mendukung kapal ikan Cina di seluruh administrasi Panatag (Scarborough) Shoal jika sengketa wilayah maritim dengan Filipina mengalami ketegangan.

Cina mengirimkan kapal perang ke Filipina

Ketegangan di Panatag Shoal dimulai pada 10 April lalu ketika dua kapal ikan Cina diusir dari perairan Panatag oleh Angkatan Laut Filpina. "Kapal perang Hamilton kelas cutter (3.200 ton) milik Filipina bukan lawan yang sepadan bagi 4 kapal perang Cina dan frigat yang semuanya dipersenjatai dengan 48 rudal anti kapal C-802/803. Filipina tidak memiliki kapal perang tandingan bagi kapal-kapal perang Cina ini" kata Duowie News.

Kapal perang Cina tersebut kini sudah mendekati perairan Filipina, ditambahkan. Kapal selam AS USS North Carolina diam-diam muncul di pangkalan laut AS di Subic, minggu pekan lalu untuk reprovisioning. Kapal itu merupakan salah satu kapal selam paling modern di jajaran Angkatan Laut AS. USS North Carolina berangkat ke Subic untuk mendukung kelanggengan operasi navigasi di Laut Filipina Barat.

Kedatangan mendadak USS North Carolina di Subic terjadi di tengah perilaku agresif Cina dalam menegaskan klaim teritorialnya di Panatag Shoal, disana ada "fishing ground" yang kaya akan hasil laut.

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...