60 Tahun Pesawat Bomber B-52

Tanggal 15 April lalu merupakan peringatan ulang tahun penerbangan pertama dari pesawat bomber (pembom) B-52 Stratofortress.

Pada 15 April 1952, pilot legendaris Boeing Alvin "Tex" Johnson membawa prototipe B-52 untuk pertama kalinya, enam tahun sejak Boeing diberikan kontrak untuk mengembangkan pesawat tersebut atau 2 tahun sebelum sebelum B-52 Bomber memasuki layanan di Angkatan Udara Amerika Serikat. B-52 terbaru Angkatan Udara AS saat ini telah berusia 50 tahun.

Mengulas kembali tentang sejarah pembuatan B-52 Bomber. Butuh waktu hampir sepuluh tahun mulai dari pengembangan hingga menghasilkn jet pembom revolusioner dan tahan lama.

B-52 Bomber Stratofortress
B-52 Bomber Stratofortress

Dengan Tema "B-52. Ikon kekuatan udara Amerika", Komando Udara Force Global Strike memperingati ulang tahun B-52 bomber.

Selama perayaan, AFGSC mengenalkan "warisan" dan prestasi dari B-52, dan semua orang baik dulu atau pun sekarang yang bertanggung jawab, dalam pengembangan, pemeliharaan atau orang-orang yang terlibat dalam sistem persenjataan B-52 Bomber.

Kisah B-52 yang panjang digambarkan dengan salah satu cerita dari keluarga yang hingga 3 generasi bekerja sebagai penerbang B-52. Antara lain Letnan Daniel Welch dan Co-pilot B-52. Welch merupakan generasi ketiga.

Menurut Welch, kakeknya menerbangkan setiap model dari B-52 dan ayah Welch adalah juga anggota awak B-52 saat masih di Angkatan Udara Amerika Serikat.

Setelah perjalanan panjang B-52, AFGSC menceritakan kemampuan dan operasi-operasi militer yang dilakukan B-52 di dunia selama layanannya di Angkatan Udara Amerika Serikat.


Beberapa prestasi B-52 Bomber yang disorot adalah :
  • 15 April 1952, Penerbangan pertama dari Bomber YB-52 Stratofortress
  • 10 Mei s/d 23 Oktober 1972, Operasi Linebacker, adalah operasi pemboman pertama B-52 yang dilakukan terus-menerus terhadap Vietnam Utara (Vietkong) sejak Presiden Lyndon B. Johnson memerintahkan penghentian aktivitas pemboman YB-52 pada bulan November 1968.
  • 18 Juni 1965, Operasi ARC Light, sebagai tugas pertama dari Bomber B-52D Stratofortress sebagai pembom konvensional dari pangkalan-pangkalan AS ke Guam untuk mendukung operasi armada darat AS di Vietnam.
  • 26 Oktober 1962, Komando Udara Strategis menerima pesawat terakhir B-52 dari total seluruh produksi.
  • 18 hingga 29 Desember 1972, Operasi Linebacker II, Operasi ini merupakan pemboman terbesar yang dilakukan AS sejak Perang Dunia II.

0 comments:

Post a Comment

HOME
▲ Back To Top
NEWSLETTER

Masukkan email pada form di bawah ini lalu klik 'SUBMIT'. Setiap artikel terbaru akan kami kirimkan ke email Anda.


Sebagian besar kematian tempur di Perang Napoleon, Perang Dunia I dan Perang Dunia II disebabkan oleh artileri. Stalin menyebut artileri sebagai "God of War". Namun, ini hanya blog yang bernama ARTILERI.


  • facebook
  • twitter
  • google plus
  • rss