Latest News

Pesawat Tanpa Awak AS Kembali Membunuhi Warga Sipil Somalia

Pembantaian warga sipil Somalia
Serangan drone AS di Mogadishu

Sebuah pesawat tanpa awak (drone) AS telah melakukan serangan di wilayah Gedo barat daya Somalia, menewaskan setidaknya 22 orang dalam serangan tersebut.

Serangan itu dilakukan pada hari ini, Jumat 27 April 2012. Pesawat tanpa awak tersebut menembakkan rudal di sebuah daerah dekat kota Dhobley Gedo. Otoritas Somalia mengatakan puluhan orang terluka dan puluhan orang tewas akibat serangan udara tersebut.

Militer AS menggunakan remote control dalam mengendalikan pesawat tanpa awak tersebut untuk misi pengintaian dan pembunuhan atas target.

Bukan hanya di Somalia, sebelumnya Washington sudah banyak melakukan serangan pembunuhan dengan menggunakan pesawat tanpa awak (drone) di negara-negara lain termasuk Afganistan, Libya, Pakistan dan Yaman. Korban-korbannya kebanyakan adalah penduduk sipil yang tidak berdosa.

Amerika Serikat melalui CIA mengklaim serangan tersebut ditujukan untuk militan dan kelompok separatis. Tapi bukti laporan dan angka kematian yang disodorkan oleh pemerintah setempat adalah korban-korban dari pesawat tanpa awak tersebut adalah warga sipil semua. Ini merupakan pembantaian besar-besaran oleh Amerika atas warga sipil di berbagai negara.

PBB telah mengutuk serangan pembunuhan oleh drone AS ini. Ini merupakan tantangan besar bagi penegakan hukum internasional.


0 Response to "Pesawat Tanpa Awak AS Kembali Membunuhi Warga Sipil Somalia"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.