Latest News

Peluru Karet

Peluru karet adalah peluru/proyektil yang terbuat dari karet yang dapat ditembakkan baik dari senjata api standar maupun senjata khusus anti kerusuhan. Peluru karet dimaksudkan sebagai alternatif proyektil logam yang tidak mematikan. Seperti proyektil jenis lainnya yang terbuat dari plastik, lilin dan kayu, peluru karet juga dapat digunakan untuk latihan menembak jarak dekat dan untuk kontrol hewan, tetapi penggunaan yang paling sering kita temui dari peluru karet adalah untuk mengendalikan kerusuhan dan demonstrasi yang menjurus ke tindakan anarkis.

Peluru karet yang dipakai pasukan PBB di Somalia tahun 1996
Peluru karet merupakan amunisi yang berdampak kinetik yang dimaksudkan untuk menimbulkan rasa sakit/luka tapi tidak menimbulkan cedera serius. Terkena peluru karet dapat menyebabkan memar, luka lecet dan hematoma. Namun di beberapa penggunaan dapat mengakibatkan patah tulang, cedera apda organ internal bahkan kematian. Dalam sebuah penelitian terhadap 90 pasien yang terkena peluru karet di Irlandia Utara, 1 meninggal, 17 menderita cacat permanen dan 41 lainnya memerlukan perawatan.

Di Israel, peluru karet ada 2 jenis, jenis yang lebih tua yaitu peluru karet standar yang merupakan bola baja yang dilapisi dengan lapisan tipis dari karet, beratnya 14 gram. Sedangkan peluru karet terbaru diperkenalkan pada tahun 1989, yaitu karet yang dilapisi logam silinder 1,7 cm dengan berat 15,4 gram. Peluru ini ditembakkan dari adaptor khusus yang diletakkan pada moncong senapan, mirip dengan penggunaan senapan pelontar granat. Peluru karet dimasukkan ke bagian depan adaptor dengan didorong oleh kartrid. Peluru ini dapat mengakibatkan luka serius bila terkena di bagian kepala. Di beberapa negara, peluru karet dapat digunakan oleh warga sipil untuk perlindungan diri.


Peluru karet primer biasanya digunakan untuk latihan menembak jarak pendek. Ini hanya ditujukan untuk menembak sasaran tidak bergerak. Tidak seperti paintballs atau pelet airsoft yang digunakan untuk target bergerak. Peluru karet apabila tidak rusak setelah ditembakkan, biasanya dapat digunakan kembali. Peluru karet pertama kali diperkenalkan oleh pemerintah Amerika Serikat guna menghadang demonstran anti perang Vietnam pada tahun 1960-an.

Lihat juga : Gas air mata



0 Response to "Peluru Karet"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.