Kekuatan Militer Korea Utara


Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mewarisi sebuah negara miskin terpencil dengan tentara yang besar penuh dengan artileri, senjata kimia dan senjata nuklir kecil.

Berikut adalah fakta-fakta dasar dari kekuatan militer Korea Utara yang memiliki anggaran pertahanan tahunan diperkirakan sebesar 4 sampai 7 miliar dolar :


SENJATA NUKLIR

Menurut analis Internasional, Korea Utara memiliki sumber daya plutonium yang cukup untuk membangun 6 atau 7 senjata atom. Sebenarnya masih belum jelas apakah Korea Utara sudah bisa memproduksi hulu ledak nuklir untuk rudal, tetapi banyak analis percaya bahwa kemungkinan mencapai titik itu telah dekat.


RUDAL

Menurut Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Korea Utara memiliki sedikitnya 1.000 rudal dari berbagai jenis, termasuk beberapa jenis dengan jangkauan lebih dari 1.860 mil (3.000km). Korea Utara juga telah menguji coba rudal antar benua mereka yaitu rudal Taepodong.


SENJATA KIMIA DAN BIOLOGIS

Perencana militer AS dan sekutu yakin bahwa Korea Utara akan kewalahan dalam perang konvensional dengan Korea Selatan, tetapi mereka khawatir bagaimana Pyongyang akana menggunakan senjata kimia dan biologis.

Kementerian pertahanan Korsel dan estimasi lain mengatakan bahwa Korut memiliki cadangan besar 2.500-5.000 ton senjata kimia yang cukup untuk menimbulkan korban yang mengerikan di Korea Selatan. Bahan kimia tersebut dapat dihantarkan Korut ke Korsel hanya dengan jarak jangkauan artileri, peluncur roket, rudal balistik, pesawat terbang dan kapal Angkatan Laut Korut.

Korut juga memiliki program senjata bilogi, tapi analisis belum menemui kejelasan tentang hal ini, apakah masih tahap bergerak di luar penelitian atau apakah sudah dalam pengembangan. Pyonyang diyakini memiliki Anthrax, gas Mustard, Sarin, Botulisme dan Fosgen.


PERSONIL

Dengan wajib militer dimulai pada usia 17 tahun, jumlah personil Angkatan Bersenjata Korut saat ini sekitar 1,2 juta. Negara ini juga memiliki cadangan sekitar 7,7 juta tentara.


ANGKATAN DARAT

Menurut perkiraan pemerintah AS dan analisis lainnya, jumlah senjata berat Korut terbilang banyak. Terdiri dari 3.500 unit MBT/Main Battle Tank (Tank Tempur Utama), 560 unit tank ringan, 2.500 lapis baja pengangkut personil, 3.500 artileri derek, 4.400 self propelled artileri, 2.500 peluncur roket, 7.500 mortir, 1.700 peluncur recoilless, 11.000 senjata anti udara dan jumlah yang tidak diketahui untuk senjata anti tank.


ANGKATAN LAUT

Angkatan laut Korut memiliki armada besar kapal selam yang diperkirakan mencapai 92 buah. Korut juga memiliki 3 fregat (kapal perusak), 6 korvet, 43 kapal rudal, 158 kapal patroli besar, 103 fast torpedo craft, 334 patrol force craft, 10 kapal amfibi, 2 coastal defense missile batteries, 130 hovercraft, 23 kapal penyapu ranjau, 8 kapal midget (cebol) dan 4 kapal survei.


ANGKATAN UDARA

Angakatan Udara Korea Utara yang dirancang untuk serangan cepat di seberang perbatasan dengan Korea Selatan terdiri dari 80 pesawat bomber, 541 fighter dan fighter serangan darat, 316 pesawat angkut, 588 helikopter transportasi, 24 helikopter serang dan setidaknya satu pesawat tanpa awak.

0 comments:

Post a Comment

HOME
▲ Back To Top
NEWSLETTER

Masukkan email pada form di bawah ini lalu klik 'SUBMIT'. Setiap artikel terbaru akan kami kirimkan ke email Anda.


Sebagian besar kematian tempur di Perang Napoleon, Perang Dunia I dan Perang Dunia II disebabkan oleh artileri. Stalin menyebut artileri sebagai "God of War". Namun, ini hanya blog yang bernama ARTILERI.


  • facebook
  • twitter
  • google plus
  • rss