Debut International Tank Rusia Terbaru T-90MS di Defexpo 2012 India

Inti dari penampilan Rusia di Defexpo 2012 India adalah tampilnya main battle tank (MBT) T-90MS (upgrade) yang dikembangkan oleh perusahaan Uralvagonzavod Rusia. Tank T-90MS diresmikan Agustus 2011 lalu di Nizhny Tagil, Rusia, setelah runtuhnya program T-95. India kemungkinan akan menjadi negara yang paling tertarik pada tank terbaru Rusia tersebut yang diajukan oleh eksportir senjata Rusia Rosobonexport. T-90MS dianggap sebagai upgrade tank yang paling pas untuk menggantikan tank "Brishna" (T-90s) India.

India merupakan negara terbesar pengguna tank T-90s, bersama dengan Rusia. Tentara India telah memiliki 150 unit dari T-90s, dengan 300 unit masih dalam pesanan. Negara lain yang juga pengguna T-90s antara lain Siprus (45), venezuela (92) dan Azerbaijan. Sebelumnya telah dikabarkan bahwa Aljazair telah membeli 120 unit tank T-90s.

T-90MS
Tentara India merencanakan untuk melengkapi 59 resimen lapis bajanya dengan 1.657 unit dari MBT T-90s, 1000 unit di antaranya akan didapat dari buatan dalam negeri India sendiri. Namun, produksi dan impor dari T-90s tersendat-sendat, maka kesempatan untuk meningkatkan jumlah T-90s agak diragukan untuk tahun-tahun mendatang. T-90MS menawarkan kecanggihan di setiap elemen penting seperti perlindungan, mobilitas dan daya tembak. Sejak kontrak yang ditandatangani kembali pada tahun 2001, India hanya mendapatkan 150 unit dari T-90s dari jumlah 1000 unit yang direncanakan. Kontrak baru untuk paket T-90MS memungkinkan masa depan MBT yang lebih baik bagi persenjataan India.

Upgrade tank 90-MS ini meliputi komponen otomotif yang lebih baik, sistem perlindungan yang lebih reaktif, perlindungan tank dari peluru kendali, daya hancur yang lebih baik, kontrol sistem tembak otomatis, night sight yang canggih, ditingkatkan dengan meriam 2A46-M5 yang menawarkan akurasi dan kehandalan yang lebih baik dari 125 mm. Juga dilengkapi dengan senapan mesin 7,62 mm yang dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Senapan mesin 7,62 mm yang dapat dikendalikan dari jarak jauh.
Sistem Optronik "KALINA" yang menjadikan penglihatan penembak menjadi lebih baik dan stabil untuk target bergerak di siang maupun malam hari.
Peningkatan otomotifnya antara lain pada penggunaan mesin diesel efisiensi tingggi V-92S2F, transmisi otomatis dan steering wheel control linkage. Upgrade juga terjadi pada lapisan bajanya, antara lain pada turret (menara), lambung panel reaktif depan dan samping, pelindung knalpot, filter dan sproket. Aramid Liner juga ditambahkan untuk mengurangi kerusakan internal dari serpihan dan fluks ketika penetrasi terjadi.

T-90MS menggunakan senseor peringatan dini dan penanggulangan ancaman dari semua sisi. Sistem ini terletak pada 2 jenis detektor. Sistem Instant multi-spectral smoke screen untuk ancaman kasar (ancaman yang lebih dari 270 derajat yaitu sisi dan belakang turret/menara) dan sistem  elektro optik untuk ancaman halus.

Fitur lain yang berkontribusi untuk survivabilitas T-90MS adalah pemisahan amunisi dan kompartemen fighter. Amunisi disimpan dalam kompartemen khusus yang terpisah dari turret. Amunisi dimasukkan secara manual ke magazin dan setelah itu akan secara otomatis dijalankan oleh autoloader.

Defense Update

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...