Latest News

Robot Cheetah Dari DARPA


Penggunaan ground robot di militer memang telah menyelamatkan banyak nyawa dan mencegah ribuan korban lainnya. Jika keterbatasan kemampuan mobilitas dan manipulasi robot dapat diatasi, maka robot akan jauh lebih efektif dalam berbagi misi penting militer. Program DARPA’s Maximum Mobility and Manipulation (M3) berusaha menunjukkan dan menciptakan kemajuan ilmiah dan rekayasa yang signifikan dalam mobilitas robot dan kemapuan manipulasi. ---Lagi-lagi DARPA hehe...----

Program M3 DARPA mengejar 4 penelitian paralel dan pengembangan yaitu : desain alat, perbaikan proses dan metode produksi, peningkatan kontrol mobilitas dan manipulasi robot dan demonstrasi prototipe.

Robot cheetah DARPA

Dari video yang dirilis DARPA menunjukkan sebuah demonstrasi dari robot "cheetah" berlari dengan kecepatan mencapai 18 mil/jam, itu merupakan rekor terbaru untuk robot berkaki. Rekor sebelumnya adalah 13,1 mil/jam, dibuat pada tahun 1989.

Gerakan robot cheetah tersebut pun beragam layaknya hewan cheetah yang sesungguhnya. Prinsip meregang dan melentur robot tersebut meningkatkan langkah dan kecepatan berjalannya.

Versi robot cheetah yang dirilis saat ini memang cuma berjalan di atas treadmil laboratorium dimana robot tersebut masih didukung oleh pompa hidrolik dan masih menggunakan alat bantu lain. Robot cheetah tersebut baru akan diuji di alam bebas pada akhir tahun ini.

Program M3 melakukan penelitian dasar dan tidak terfokus pada suatu misi militer tertentu saja, tapi teknologi tersebut bertujuan untuk dikembangkan dan diaplikasikan pada berbagai kebutuhan militer yang potensial.



0 Response to "Robot Cheetah Dari DARPA"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.