Latest News

Pistol Revolver Belati Presiden Peru


Revolver belati
Ini adalah pistol dan juga merupakan sebuah belati yang terbungkus dalam sebuah "peti mati" yang indah. Pistol revolver belati ini khusus dibuat oleh perusahaan Perancis Lefauchaux Casimer & Eugene pada tahun 1870 untuk presiden ke-19 Peru Jose Balta. Saat ini pistol tersebut dilelang oleh RIA-Rock Island Auction. Jose Balta digulingkan dan ditembak mati oleh Thomás Gutiérrez, seorang menteri pertahanan di kabinetnya sendiri. Empat hari kemudian, Tomás Gutiérrez menjalani hukuman gantung.

Pistol ini sangat unik untuk ukuran sebuah revolver buatan Perancis. Terlihat di gambar, ini bukan hanya sebuah pistol revolver tapi juga  sebuah belati. Jose Balta lahir di kota Lima, Peru pada 25 April 1814. Dia adalah seorang prajurit dan politikus yang menjadi presiden Peru yang ke-19 pada tahun 1868-1872, tahun yang sama dengan kematiannya.

Jose Balta
Pada usia 16 tahun, Jose Balta masuk ke Akademi Militer dan lulus 3 tahun kemudian dengan pangkat sersan. Di usia 38 tahun dia berpangkat kolonel. Selama rentang tahun 1830-an ia bergabung dengan tokoh-tokoh pergerakan untuk restorasi kala itu antara lain Luis Jose de Orbegoso dan Felipe Santiago Salaverry. Pada tahun 1865 ia membantu Mariano Ignacio Prado untuk memperebutkan kursi kepresidenan. Pada tahun 1867 giliran Jose Balta pula yang menggulingkan Prado.

Sebagai presiden Peru, ia membangun kemabali hukum-hukum konstitusional dan membuat proyek-proyek besar dengan untuk perbaikan nasional. Tapi apa yang terjadi malah sebaliknya, pemerintahan Peru tenggelam dalam hutang akibat banyaknya pengeluaran "mewah" di masa pemerintahannya. Akhirnya Jose Balta digulingkan dan ditembak oleh anggota kabinetnya sendiri yaitu Thomás Gutiérrez.

Revolver belati
Panjang pisau pistol ini adalah 10 3/8 inci, dengan lapisan emas ricasso 18 karat dan memiliki ukiran unik. Tertulis di situ "JB/28 Julio 1870". Dan ada tulisan tersamar "Alfredo Herouard/Lima". Pistol ini dihiasi dengan berbagai ukiran indah, kebanyakan bermotif bunga.

Dibalik pisau ada portal terbuka yang berlapis emas dan pegangan berukir yang terbuat dari kuningan di bagian belakang. Kapasitas pistol ini adalah 6 peluru. Laras pistol 3 1/4 inci dipasang di sisi kanan belati. Bagian atas laras tertulis "E.Lefaucheux BTE a Paris" (nama perusahaan pembuat). Loading Gate dipasang di sisi kanan frame dan ejektor dipasang pada bagian depan frame dan memutar ke arah laras jika tidak digunakan. Pistol dapat beraksi secara single maupun double.



0 Response to "Pistol Revolver Belati Presiden Peru"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.