Latest News

Misteri Kematian "Billy The Kid"

Nama aslinya adalah Patrick Henry McCarty alias William H. Bonney Jr, tapi lebih dikenal dengan Billy The Kid. Di usia yang baru mencapai 21 tahun, Patrick Henry McCarty telah dikenal sebagai penembak jitu. Mungkin inilah alasan dia dijuluki sebagai "Billy The Kid".

Dari berbagai kisah yang beredar selama ini, Billy The Kids telah menghabisi 21 nyawa manusia. Tapi belakangan sejarah meyakini bahwa Billy The Kids hanya menembak mati 8 orang, ada pula yang meyakini bahwa korbannya cuma 4 orang. Dan yang cukup mencengangkan adalah adanya fakta bahwa tidak ada korban nyawa selama aksi-aksi penembakan yang dilakukan oleh Billy.

Bersandar di Winchester 1873, senapan favoritnya. Tidak tampan dan bertubuh atletis seperti di film-filmnya
Kematiannya pun masih menjadi tanda tanya. Apakah betul Billy mati ditembak oleh sherif Pat Garret di perbatasan New Mexico? Ini tertuang dalam biografi Garret yaitu "The Authentic Life of Billy the Kid, 1882" dan buku-buku lainnya yang diterbitkan di kemudian hari.

Di tahun 1950-an, versi kematian Billy seperti cerita diatas mulai diragukan banyak pihak. Saat itu ada seseorang yang bernama Brushy Bill Roberts mengaku bahwa dirinya adalah Billy The Kid. Pria tua ini datang ke New Mexico untuk meminta pengampunan. Pria tua ini memiliki rahasia besar yang telah dipendamnya selama 70 tahun. Diceritakannya, pada malam 13 Juli di tahun kematiannya 1881, sebenarnya Sherif Pat Garret bukan menembak mati dirinya tapi menembak mati sahabatnya yaitu Billy Barlow.

Pat Garret. Meninggal tahun 1908 di usia 57 tahun
Bila pengakuan Brushy itu benar, maka akan runtuh semua fakta sejarah tentang Billy yang diambil dari biografi tersebut. Padahal buku tersebut menjadi acuan utama sejarawan dan pembuat film-film koboi. Selain mengancam citra kepahlawanan dari Pat Garret, Pat Garret akan dianggap sebagai salah seorang pembohong terbesar di dunia ini yang telah membunuh orang yang tidak bersalah.

Entahlah yang mana kisah yang betul. Btw, Billy the Kid hanya memiliki satu foto (foto diatas) yang katanya foto tersebut diambil sebelum ditembak mati oleh Sherif Pat Garret pada 1881. Foto tersebut telah menjadi foto ikonik dalam sejarah barat.

Foto tersebut diambil oleh seorang fotografer di Fort Summer, New Mexico 2x3 inci tintype, foto tersebut menunjukkan Billy the Kid dengan sombongnya bersandar pada sebuah senapan model Winchester 1873. Senjata yang paling populer di zaman tersebut. Pada 25 Juni 2011 tintype ini dijual seharga $ 2.300.000 di sebuah pelelangan. Bayangkan, sang fotografer hanya dibayar 25 sen untuk menciptakan gambar ini.



13 Responses to "Misteri Kematian "Billy The Kid""

  1. nice info gan. salam kenal dari blogger newbie. silahkan berkunjung dan berkomentar di bloog ane jg ya. www.info-yazid.com

    ReplyDelete
  2. mantab dah billy the kid, gw pernah liat pilemya mantab

    ReplyDelete
  3. Di filmnya kisah ini bagus banget...
    Top blognya agan.

    Jangan lupa mampir ya...
    http://imartpro.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. saya baru tau kalau Billy the kids tak hanya sekedar film. Menariknya, banyak misteri yang kadang2 tak sejalan dengan catatan sejarah.
    Informatif, keep blgging :)

    ReplyDelete
  5. biasa kan gan kalau dalam film ditambah bumbu biar lebih seru, jadi kenyataannya tidak seseram apa yang di ceritakan

    ReplyDelete
  6. Waah,, aq paling suka sejarah gini gan

    Kunjungi balek dan komen artikel ini yah

    Cara membuat otot tubuh six pack dengan cepat

    ReplyDelete
  7. @Yazid.F : Ente newbie masih enak, ane bahkan baru melek hehe... Yupz, ane kunjungi

    @Teknik.M : wew komen menarik

    @Tempat.S : Mantap nggak goyang

    @Tiang.A : Mantab gak kemana-kemana

    @iMart.P : Ya, dikunjungi. Thanks

    @ Sejarah.D : Ya begitulah. Film dapat "memanipulasi" sejarah dan film dapat mengangkat/menjatuhkan martabat suatu pihak.
    Lihat film-film Cina saat ini. Kebanyakan mengangkat tema kebesaran/kejayaan/sumber daya manusia yang hebat di zaman dahulu. Selain tujuan komersil, ini memberikan motivasi dan semangat bagi bangsa Cina untuk membangun bangsa mereka sendiri.

    @Asaz : Asal jangan kebanyakan bumbunya. Ntar masakannya jadi gak enak :)

    @Yulius : Yupz, dikunjungi

    ReplyDelete
  8. bagus banget ceritanya neh.. salam kenal ya mas :)

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. keren infonya sangat menarik,


    www.tokoobatimport.com

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.