Latest News

Pertahanan Asia Pasifik (Update)


Polandia Akan Mengirimkan Tambahan 204 unit Kendaraan Lapis Baja Recovery ke India
WZT-3M
19 Januari 2012 : Produsen tebesar di Polandia akan memberikan 204 unit kendaraan lapis baja Recovery WZT-3M dengan imbal balik senilai 275 juta US dollar. Perjanjian ditandatangani pekan lalu






SELEX SISTEMi Integrati, Kontrak Baru di Inida

Radar WZT-3M
16 Januari 2012 : India telah memilih perusahaan Italia Selex Sistemi Integrati untuk kontrak pengadaan radar udara angkatan laut RAN 40L dan radar IFF untuk kapal induk yang dibangun di Shipyard Coching. Radar ini dapat mendeteksi keberadaan pesawat hingga 400km.








India Bersiap Untuk Kedatangan Kapal Induk Mereka

Kapal Induk Rusia Gorshkov
15 Januari 2012 : Rusia akan memulai test kapal induk Laksamana Gorshkov pada Mei nanti, itu untuk mengantisipasi kapal tersebut agar siap dikirim ke India nantinya. Kemungkinan dikirimkan akhir tahun ini. Setelah menjadi bagian dari Angkatan Laut India nanti, kapal Gorshkov akan berganti nama menjadi INS Vkramaditya.

Kapal induk tersebut merupakan sebuah kapal induk bekas tapi diperbaharui oleh perusahaan galangan kapal Sevmash sejak 2004 lalu.

Sebenarnya pengiriman dijadwalkan pada 2008 lalu tapi karena kurangnya material dan biaya semakin membengkak, maka menjadi beberapa kali tertunda. Ini berimbas kepada harga dari kapal tersebut. Awalnya 947 juta dollar menjadi 2,3 milyar dollar.



Rudal Baru Untuk Mirage 2000s India

Rudal MICA IR dan EM
India akan membeli 500 unit rudal MICA air-to-air dari produsen senjata eropa MBDA untuk pesawat Mirage 2000s mereka dalam kontrak senilai 1,2 milyar dollar. Pengiriman akan dilakukan secara bertahap selama 10 tahun.







Korea Utara Kembali Uji Rudal Balistik Jarak Pendek

ILustrasi Rudal balistik Korut
11 januari 2012 : Sumber Korea Selatan dan Jepang melaporkan bahwa Korea Utara telah melakukan uji coba 3 rudal pada tanggal 11 Januari 2012. Rudal tersebut ditembakkan di atas pantai timur Korea Selatan diatas laut Jepang. Sumber Korea Selatan dan Jepang tersebut mengatakan :"Ini bukan hal baru lagi, ini sudah kegiatan rutin mereka"






Rusia Akan Menyelesaikan Pengiriman 21 Helikopter untuk Afganistan

Mi-17v5
11 Januari 2012 : Rusia akan segera mengirimkan 21 helikopter Mi-17v5 ke Afganistan pada bulan Juli nanti. Kontrak senilai 367,5 juta US dolar yang ditandatangani dengan pemerintah AS (?). Sebelumnya telah dikirimkan 9 Heli sejenis pada tahun lalu. Mi-17 adalah versi ekspor dari Mi-8 Hip




Rudal Stinger Untuk Apache India

apache Ah-64D
11 Januari 2012 : AS menawarkan kepada angkatan udara India rudal Stinger MIM-92a air-to air untuk melengkapi Apache AH-64D mereka. India sepertinya cukup berminat.











Vietnam Menerima Sukhoi SU-30 Fighter

sukhoi Su-30 fighter
11 Januari 2012 : Rusia baru-baru ini telah mengirimkan tahap ke-2 dari 4 pesawat SU-30 fighter ke Vietnam. Empat pesawat sebelumnya telah dikirim pada bulan Juni 2011. Tahap ketiga diperkirakan akan diteima tahun ini juga.

Seluruhnya akan menjadi 12 pesawat, ini merupakan proyek 1 milyar dolar Vietnam. Vietnam adalah negara Asia keempat yang mengoperasikan SU-30 bersama India, Malaysia dan Indonesia.



Produksi Kapal Perang Pertama Vietnam

kapal perang pertama vietnam TT400TP
Angkatan Laut Vietnam telah meneruima pengiriman kapal perang TT400TP. Dibuat oleh perusahaan lokal yaitu galangan kapal Ha Hong di Haiphong.

Dimulai pada 2009 dan selesai pada 2010. Kecepatan maksimalnya berkisar 32 knot dan 2.000 mil laut jangkauan operasional.

Selama ini Vietnam mengandalkan kapal perang korvet dan beberapa kapal meriam tua yang diterima dari Uni Sovyet.

Vietnam menambah Armadanya terkait ketegangan di Laut Cina Selatan, terutama ketegangan dengan Cina terkait sengketa teritorial maritim.

Baca juga update hankam Indonesia Maret 2012




0 Response to "Pertahanan Asia Pasifik (Update)"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.