Latest News

Bom MOAB "Mother of All Bomb" - Bom terbesar Amerika Serikat

Nama lengkapnya GBU-43/B Massive Ordnance Air Blast Bomb (MOAB) adalah sebuah bom besar konvensional yang dikembangkan oleh Albert L.Weimort, Jr untuk Militer Amerika Serikat. Dijuluki sebagai "Mother of All Bomb". Disebut-sebut sebagai bom non-nuklir paling kuat yang pernah ada. Moab dirancang bukan untuk dibawa jet tempur tapi untuk pesawat pengangkut sekelas C-130 Hercules, MC-130E Combat Talon I atau Combat Talon II.

MOAB adalah proyek Laboratorium penelitian Teknologi Angkatan Udara Amerika Serikat yang dimulai pada tahun 2002 lalu, sebagai turunan dari bom BLU-82 "Buster Jungle". MOAB sukses menjalani test di Eglin Air Force Base, Florida pada tanggal 11 Maret 2003 dan test selanjutnya pada tanggal 11 November 2003.

ibu dari segala bom amerika serikat bom terbesar
Bom GBU-43 / B atau MOAB di Eglin Air Force Base Amerika Serikat
MOAB memiliki panjang 9,17 m, diameter 102,9 cm dan memiliki bobot 10,3 ton. Dari 10,3 ton bobot MOAB, 8,5 ton-nya adalah high explosive. Radius ledakan mencapai 137 m dan dengan gelombang kejut yang besar dikatakan mampu menghancurkan area seluas sembilan blok kota ---kalau Indonesia bukan 9 blok, tapi 9 RT/RW he...----. Karena ukuran dan beratnya yang besar, bom MOAB dirancang untuk dijatuhkan dari ekstraksi parasut yang keluar dari belakang pesawat Hercules C-130.

MOAB berisi 8,5 ton bahan peledak H6 yang 1,35 kali lebih kuat dari bahan peledak TNT. H6 adalah bahan peledak non-nuklir terkuat yang digunakan oleh militer AS. Merupakan kombinasi dari eksplosif RDX (trinitramine Cyclotrimethylene), TNT dan alumunium.

bom terbesar amerika serikat
Al Weimorts (kiri), pencipta bom MOAB memeriksa prototipe sebelum dicat dan diuji
Meskipun efek ledakan bom MOAB tidak patut dibandingkan dengan bom nuklir, hanya sekitar 1/1000 dari kekuatan Little Boy (nama bom nuklir yang dijatuhkan AS di Hirosima, Jepang), namun hasil ledakan bom MOAB sebanding dengan dengan bom Nuklir terkecil seperti M-388 Davy Crockett. Ledakan bom MOAB setara dengan 11 ton TNT sedangkan ledakan Little Boy setara dengan 15.000 ton TNT.

sesaat sebelum dijatuhkan
Bom MOAB sesaat sebelum dijatuhkan pada saat uji coba di Eglin
Pada tahun 2003 sebuah bom MOAB dibawa ke Teluk Persia guna mendukung kampanye Perang Irak namun tidak pernah digunakan. Diperkirakan hanya dibuat sekitar 15 unit sejak 2003 hingga saat ini.

Ini video testnya


2 Responses to "Bom MOAB "Mother of All Bomb" - Bom terbesar Amerika Serikat"

  1. Menurutku MOAB cocok digunakan untuk menghancurkan bangunan/obyek di permukaan tanah, atau diledakkan di hutan lebat, atau di pegunungan berbatu dg banyak gua nya, efek blast nya begitu kuat bahkan mampu menghisap udara di dalam gua2 persembunyian.
    Tapi kalau untuk menghancurkan bungker didalam tanah, peluru kendali jenis "bunker buster" lah yang mempan.

    ReplyDelete
  2. @~Srex~

    Asal jangan meledak ketika Pak Asyangar sedang makan pisang goreng qiqiqi.....

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.