Latest News

Gas Air Mata

gas air mata
Gas air mata adalah istilah yang digunakan untuk menyebut gas kimia yang digunakan untuk melumpuhkan dengan menyebabkan iritasi pada mata dan/atau sistem pernapasan. Gas air mata bisa disimpan dalam bentuk semprotan maupun granat. Alat ini sangat lazim digunakan oleh kepolisian dalam melawan kerusuhan dan dalam penangkapan. Bahan kimia yang sering dipakai pada gas air mata antara lain gas CS, CN, CR, dan semprotan merica gas OC.

Gas air mata sangat terkenal sebagai bahan yang selalu dipakai untuk membubarkan demonstrasi atau keramaian yang dianggap mengganggu keamanan, gas air mata adalah substansi atau bahan kimia yang dikenal sebagai CR (dibenzoxacepine) atau komponen kimia lain yang mirip.

Gas air mata jika sudah ditembakkan akan terhisap oleh sasaran dan jika sudah terhisap maka akan menyebabkan keluarnya air mata, rasa sakit pada mata, bersin, batuk, sesak nafas, keluar lendir dari hidung dan mulut. Bahkan timbul rasa panik, jika ingin menghindari gas air mata maka yang perlu dilakukan adalah; memakai masker dan kaca mata (Google) atau memakai kain penutup wajah yang dibasahi air.

Hindari gas air mata yang ada dengan memperhatikan arah angin, bergerak menjauhi asap gas. Jika terkena gas air mata maka yang penting dilakukan adalah; jangan panik, cuci mulut dengan berkumur-kumur air bersih, jangan menelan air ludah, lubang hidung juga dicuci dan jangan menghisap lendir yang ada dalam rongga hidung tapi didorong keluar dengan udara dari dalam, mata dicuci dengan air, kalau sesak nafas pakailah obat pelega pernafasan yang sering dipakai oleh penderita asma.

Referensi :  wikipedia & kompasiana


0 Response to "Gas Air Mata"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.