Latest News

Strategi Perang Ayam Jago

perang aceh
Dalam peperangan penggunaan strategi sangatlah dibutuhkan, tanpa adanya strategi sudah di pastikan bakalan hancur pasukannya. Salah satu film yang membahas tentang pintarnya menjalankan strategi berjudul Red Cliff film tersebut menggambarkan zaman peperangan terbesar di daratan china. Dengan formasi perang kura-kura,  zhu ge Liang dapat mengalahkan perdana mentri Cao Cao yang memiliki kekuatan tempurnya 10 kali lipat dibanding Zhu ge Liang, walaupun kemenanganya tidak sepenuhnya karena formasi kura-kura akan tetapi faktor X yaitu wanita.  Strategi formasi kura-kura di ambili dari bagaimana cara kura-kura mempertahankan hidup, begitulah kadang kita mengadopsi cara hewan untuk mengetahui cara terbaik mempertahankan hidup, contoh lain adalah pasukan amfibi milik kita.
Salah satu strategi yang di adopsi dari cara hewan bertempur adalah strategi Ayam Jago. Kenapa Ayam Jago?
Karena disamping macam ayam sendiri tidak hanya satu akan tetapi cara bertarung dari ayam sendiri berbeda-beda.

Ayam Bangkok
Ini adalah ayam petarung sejati, hidup untuk bertarung. Dengan badan yang besar kaki yang kuat, dan kepakan sayap yang kokoh ayam ini sangat sempurna, jika untuk bertarung sudah pasti dialah rajanya ayam. Apabila di ibaratkan suatu negara maka strategi ayam Bangkok ini sangat cocok untuk Negara super power yaitu Amerika Serikat, dengan strategi perang berhadap-hadapan langsung atau secara terbuka  sudah pasti dialah pemenangnya, dengan persenjataan-persenjataan super mutahir  ditambah jumlah angkatan bersenjata yang sangat banyak strategi berhadap-hadapan  dan menyerbu lawan secara serentak adalah yang terbaik.

Ayam Kampung/Jawa
Ayam ini posturnya sedang dan ciri khas bertarungnya adalah dengan bertarung sambil lari. Yang dimaksud lari sambil bertarung adalah ketika beberapa menit bertarung ayam kampung akan lari dan secara otomatis lawannya akan mengejar di sela-sela mengejar sang ayam kampung melakukan manuver dengan menyerang ayam lawannya, dengan posisi mengejar si lawan tidak akan siap saat di hantam oleh manuver ayam kampung sehingga ayam kampung akan mendapat 1 point pukulan telak, begitu seterusnya sampai sang lawan kelelahan sehinnga tak sanggup lagi bertarung. Straegi ini digunakan oleh vietnam dan terbukti ampuh untuk melawan Amerika.  Strategi ini lebih dikenal dengan perang gerilya, dan indonesia sendiri paling ahli dalam perang gerilya. Strategi ini tidak mengedepankan dalam menyerang akan tetapi bertahan dan membuat kampungnya (wilayahnya) sebagai neraka bagi bangsa lain yang datang sehingga bangsa lain akan berpikir 1000 kali untuk mengusik kedaulatan negara kita.  Sehingga strategi ini dikenal dengan istilah Jago Kandang.

Ayam Kate
Ayam dengan postur kecil dan pendek akan tetapi memiliki bulu yang lebat dan banyak sehingga tekesan memiliki postur besar dan ini adalah cara ayam kate untuk menakuti lawannya. jika ayam kampung bisa juga melawan ayam bangkok namun presentasi kemenangannya kecil sedangkan untuk ayam kate tidak akan pernah menang dalam bertarung. namun dengan bulu yang lebat ayam kate bisa menang tanpa bertarung. Yang paling cocok menggunakan strategi ini adalah Malaysia dengan bulu-bulu lebat Inggris dan Australia yang membuat takut lawannya.

Strategi Coreng Wajah (Dengan Angus)
Angus adalah benda seperti debu namun berwarna hitam , dari hasil pembakaran, biasanya ada di bawah panci. Nah  biasanya ayam jika waktu kecil bertarung dan kalah sampai besar pun tidak akan pernah berani padahal kekuatannya waktu kecil dengan sekarang sudah berbeda. Sehingga untuk menguji seberapa kuat sekarang yaitu dengan mencoreng wajah lawannya sehingga terlupakan bahwa pernah dikalahkan diwaktu kecil. Negara china lah yang paling cocok di ilustrasikan menggunakan taktik ini, dengan membuat google hengkang dari negara tersebut inilah cara awal china mencoreng wajah Amerika, kemudian dari segi ekonomi banyak wilayah-wilayah Amerika yang diserobot china coreng wajah pun terus berlangsung, sampai saatnya nanti wajah Amerika penuh corengan dari china maka saat itulah china telah melupakan kehebatan masa lalu Amerika dan peperanagan tidak dapat dihindari.
Jika ingin memenangkan pertarungan gunakanlah caramu sendiri, jangan mengikuti cara lawanmu karena jika kamu kalah berperang maka yang di anggap bersalah adalah negara yang kalah berperang, seperti saat jerman yang harus membayar denda karena kalah berperang.

Akan tetapi kondisi damai adalah kondisi yang paling di idam idamkan oleh setiap orang, dan sesungguhnya perang adalah jalan menuju kemusnahan umat manusia itu sendiri
sebelum kamu berkata perang, pernahkah mendengar ketakutan seorang prajurit yang menangis di medan perang
sebelum kamu berkata perang, pernahkah kamu membayangkan jika kedua kakimu harus di amputasi karena menginjak ranjau dan kamu masih hidup tetapi tidak memiliki kaki.
sebelum kamu berkata perang seberapa yakin bahwa kondisi nanti akan lebih baik dari sekarang.
sebelum kamu berkata perang, apakah kau mampu membanyangkan bagaimana seorang istri dan anaknya melewati hidup jika ditinggal mati suaminya

Sebagai jago kandang, buatlah wilayahmu bak neraka hidup untuk negara yang coba mengusik kandangmu, namun perang bukanlah satu-satunya jalan untuk sebuah pengakuan

Source:kompasiana.com


2 Responses to "Strategi Perang Ayam Jago"

  1. Wew Laskar Ayam Jantan Mana?

    ReplyDelete
  2. Amerika itu ayam kampus.. Bukan ayam jago

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.